Follow Us

Gerhana Bulan Penumbra Bakal Lewati Indonesia 11 Januari, Catat Nih Jam Berlangsungnya

Bayu Galih Permana - Kamis, 09 Januari 2020 | 11:30
Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra (GBP)
via Universe Today

Ilustrasi Gerhana Bulan Penumbra (GBP)

HAI-Online.com - Pada Sabtu (11/1) besok, Gerhana Bulan Penumbra (GBP) akan bisa diamati di seluruh wilayah tanah air, terutama Indonesia bagian barat.

Kepastian ini sendiri didapat melalui pernyataan Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN Dr. E Sungging, M.Si ketika dimintai konfirmasi pada Selasa (7/1) kemarin.

Dalam keterangannya, Sungging membenarkan informasi yang menyebut bahwa Gerhana Bulan Penumbra bakal terjadi pada 11 Januari mendatang, di mana GBP akan menjadi gerhana bulan pertama yang melewati Indonesia pada tahun 2020 ini.

"Iya, benar. Gerhana bulan penumbra melewati Indonesia pada 11 Januari 2020. Fenomena ini dapat diamati dari seluruh Indonesia, utamanya bagian barat," terang Sungging seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Lagi Mau BAB, Cowok Ini Dikejutkan dengan Kemunculan Ular Kobra dari Lubang Kloset

Nggak sama seperti Gerhana Matahari Total, pengamatan terhadap Gerhana Bulan Penumbra ini dapat dilihat menggunakan mata telanjang tanpa menimbulkan kekhawatiran.

Apalagi, fenomena ini nggak dapat dibedakan dari bulan purnama biasa karena piringan bulan nantinya hanya akan ditutupi oleh bayangan semu.

"Gerhana Bulan Penumbra pada 11 Januari 2020 hanya menyebabkan keredupan yang sangat tipis," terangnya menambahkan.

Baca Juga: Salut! Dua Remaja Ini Berkeliling Australia Demi Selamatkan Koala yang Jadi Korban Kebakaran Hutan

Buat yang ingin menyaksikan secara langsung, Gerhana Bulan Penumbra akan dimulai pada pukul 00.07 WIB, mencapai puncak jam 02.10 WIB, dan berakhir 04.12 WIB.

Gimana, sob? Pada tertarik nggak nih buat menonton Gerhana Bulan Penumbra secara langsung pada 11 Januari besok? (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest