Follow Us

Sering Dianggap Sepele, Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Jadi Pertanda Orang Terkena Stroke

Bayu Galih Permana - Selasa, 07 Januari 2020 | 16:17
Ilustrasi stroke
PIXABAY/VSRAO

Ilustrasi stroke

HAI-Online.com - Selama ini, orang-orang kerap kali menganggap sepele masalah kesehatan yang dialami, padahal hal tersebut bisa saja menjadi pertanda adanya penyakit mematikan di dalam tubuh mereka, salah satunya stroke.

Menurut keterangan Dirut Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) Jakarta Timur, Mursyid Bustami, penyakit satu ini bisa saja bermula dari hal sepele yang terjadi pada bagian tubuh, seperti mati rasa.

Apabila mengalami hal tersebut, Mursyid menyarankan penderita langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penanganan dari tim ahli.

“Segera bawa ke rumah sakit. Jadi tidak ada tindakan harus keluarkan dari ujung jari macam-macam tindakan, itu tidak ada dasarnya. Jadi pokoknya segera ke rumah sakit,” jelas Mursyid, seperti dikutip HAI dari Tribun Kesehatan.

Baca Juga: Mengenal Bahaya GHB, Obat yang Digunakan Reynhard Sinaga untuk Memerkosa Korbannya

Selain itu, tanda-tanda lain yang kerap disepelekan padahal memberi pertanda serangan stroke yaitu cara berbicara yang tiba-tiba cadel dan merasa bingung secara berlebih.

Ketika gejala itu muncul, Mursyid mengingatkan penderita langsung segera dibawa ke rumah sakit maksimal 4,5 jam setelah gejala muncul karena apabila terlambat dapat membuat sumbatan yang ada menjadi semakin erat.

"Stroke kan penyumbatan pembuluh darah. Itu harus dilepas sumbatan kurang dari 4.5 jam, tapi jangan 4.5 jam baru ke rumah sakit karena butuh waktu buat mempersiapkan periksa radiologi dulu ct can dan lain-lain," terangnya menambahkan.

Baca Juga: Reynhard Sinaga Masuk Urutan Kedua Pemerkosa Berantai dengan Korban Terbanyak di Dunia

Di RSPON sendiri, sumbatan bisa dilepaskan hanya dalam waktu 29 menit, yang terhitung mulai dari masuk ke pintu rumah sakit hingga pemasangan alat.

“Sekarang obat itu kita berikan di meja radiologi, pasien gak ke UGD dulu bolak-balik tapi ini pas diradiologi kelihatan ada sumbatan langsung dilakuakan disitu jadi satu menit sangat kita hargai karena satu menit terlambat banyak sel saraf yang rusak," tutup Mursyid.

Tuh, dengerin sob! Maka dari itu, kalau mengalami gejala-gejala seperti di atas langsung aja deh pergi ke rumah sakit terdekat supaya segera mendapatkan penanganan. (*)

Source : Tribun Kesehatan

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest