Follow Us

Masuk Era Revolusi Industri 4.0, Simak Daftar Jurusan Kuliah dan Pekerjaan Paling Dicari di Tahun 2020

Bayu Galih Permana - Senin, 06 Januari 2020 | 14:10
Ilustrasi wisuda
PIXABAY/STOCKSNAP

Ilustrasi wisuda

HAI-Online.com - Memasuki era revolusi industri 4.0 orang-orang diharapkan memilih jurusan dan pekerjaan yang benar-benar tepat mengingat persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat dan tuntutan kebutuhan akan kemampuan kerja kian tinggi.

Berkaca pada hal tersebut, universitas di Australia yang meraih 5 bintang QS World University Ranking, Maquarie University baru-baru ini membuat survei mengenai program studi beserta pekerjaan yang paling dibutuhkan pada tahun 2020.

Seperti apa hasilnya? Dilansir dari Kompas.com, berikut daftar jurusan dan peluang karier yang banyak dicari tahun 2020 seperti tertera dalam laman resmi QS World University Rankings.

1. Teknik Informasi

Sejak lima tahun terakhir, permintaan intelijen dan analis kebijakan data telah naik sebesar 21,4 persen, sehingga nggak heran kalau ahli keamanan siber banyak diminati di seluruh dunia.

Baca Juga: Ngeri, Pengguna Xiaomi Mi Home Security Camera Malah Dapet Akses ke Rumah Orang Lain dengan Mudah

Permintaan tersebut masih jauh dari jumlah kebutuhan yang diperlukan berbagai macam industri termasuk teknologi, hiburan, telekomunikasi, perbankan, keuangan dan akuntansi yang otomatis membuat kualifikasi keamanan siber menjadi pilihan karier menarik dan menjanjikan.

Pada tahun 2020, permintaan untuk para profesional ICT (informasi, komunikasi dan teknologi) diperkirakan meningkat hingga 26,5 persen.

Banyak universitas memberi perhatian khusus bidang ini, baik jenjang sarjana atau pascasarjana, untuk mempelajari keamanan siber yang efektif baik bidang komersial, aplikasi pribadi maupun industri.

Maka dari itu, memiliki gelar sarjana Teknologi Informasi ataupun master di Teknologi Informasi merupakan pilihan tepat bagi kamu yang tertarik bidang ini.

Baca Juga: Identitas Lama Barack Obama Terungkap dari Buku Tahunan Sekolahnya di Jakarta, Video Ini Menjelaskannya!

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest