Follow Us

Benar Nggak Sih Main Ponsel pas Hujan Bisa Kesambar Geledek?

Dio Firdaus - Jumat, 06 Desember 2019 | 15:10
Jangan pernah mencuci piring saat hujan petir!
tribunnews.com

Jangan pernah mencuci piring saat hujan petir!

HAI-ONLINE.COM- Sekarang ini, sebagian besar wilayah Indonesia khususnya Jakarta lagi sering diguyur hujan. Nggak jarang juga hujan turun bersama petir.

Saat hujan petir, pernah nggak sih sob dikasih nasihat untuk nggak main ponsel karena bisa tersambar? Emangnya itu benar ya?

Jawabannya adalah nggak namun pakai 'tapi'.

Menurut National Ocanic and Amospheric Administation menyatakan bahwa bermain ponsel saat terjadi petir nggak berbahaya.

Karena yang membuat orang bisa kesambar petir adalah berada di tempat yang nggak aman. Banyak yang bilang ponsel bisa membuat kita tersambar karena logam bisa menarik petir.

Nyatanya, jumlah logam yang ada di ponsel itu nggak banyak loh sob. Tapi, kamu tetap nggak disarankan untuk bermain ponsel di luar saat ada petir.

Baca Juga: Main Ponsel Sambil Di-Charge, Cowok Ini Ditemukan Tewas dengan Luka Bakar

Karena meskipun hanya mengandung sedikit logam. Logam itu bisa menggangu flashover dan mengarahkan kilat ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan internal, sebagaimana HAI rangkum dari Bobo.

Para ilmuan pun mengatakan kalau berjalan di tengah hujan petir dengan ponsel di saku sangat berbahaya. Karena saat ada petir, membawa atau memakai benda logam bisa meningkatkan kemungkinan cidera.

Nah, itu dia sob jawaban dari para ahli seberapa bahayanya kita jika bermain ponsel atau sekadar membawanya saat hujan petir. (*)

Source : bobo

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest