Follow Us

Efek Rumah Kaca Curhat Sulitnya Manggung Bawain Lagu dari Album 'Sinestesia'

Alvin Bahar - Selasa, 19 November 2019 | 10:30
Konser Efek Rumah Kaca dengan tajuk Sinestesia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (13/1/2016) malam. Konser ini menyajikan tata panggung dan lampu yang menarik.  Kompas/Hendra A Setyawan (HAS) 13-01-2016
Kompas Nasional

Konser Efek Rumah Kaca dengan tajuk Sinestesia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (13/1/2016) malam. Konser ini menyajikan tata panggung dan lampu yang menarik. Kompas/Hendra A Setyawan (HAS) 13-01-2016

HAI-ONLINE.COM - Album Sinestesia dari Efek Rumah Kaca diklaim sebagai album paling rumit yang pernah dibuat oleh mereka. Klaim tersebut nggak salah juga sih. Pasalnya, secara musik dan lirik, Sinestesia punya bobot yang lebih berat daripada dua album pertama Efek Rumah Kaca (ERK).

Belum lagi durasi lagu yang panjang, banyaknya instrumen yang jadi komponen lagu.

Nggak heran kalo ERK mengaku kesulitan membawakan lagu-lagu di album Sinestesia secara maksimal.

Baca Juga: Terapi Jeruk Nipis Sanggup Ngecilin Perut Buncit, Masa Sih?

Khususnya saat mereka sedang manggung live di acara yang ngasih durasi nggak terlalu panjang.

“Karena untuk acara yang dikasih durasi pendek itu sulit. Ini lagunya satu aja bisa hampir lima belas menit,” ujar Cholil.

Drummer ERK, Akbar Bagus Sudibyo juga ngungkapin hal yang sama.

“Kalo gue sulitnya itu lebih ke (konteks) karena instrumennya banyak sih. Kita kan cuma bertiga. Jadi ya sulit. Nggak bisa maksimal,” ungkap Akbar.

Baca Juga: Gara-gara .Feast, Penonton Efek Rumah Kaca Crowd Surfing pas Lagu 'Desember'

“Kayaknya lagu-lagu album Sinestesia ini emang cocoknya dibawain pas konser tunggal, atau memang pas showcase aja sih,” sahut bassist ERK, Poppie Airil.

Meski kesulitan, para personil Efek Rumah Kaca nampak beberapa kali membawakan lagu-lagu di album Sinestesia dengan formasi bertiga.

Buat lo yang belum tau, Sinestesia adalah album ketiga Efek Rumah Kaca yang dirilis tahun 2015. Ada 5 lagu yang terdiri dari beberapa fragmen di album ini.

Udah dengerin belom? Lo suka lagu yang mana?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest