Follow Us

Hati-hati Ngirim Video, Bisa-bisa WhatsApp Lo Di-hack Orang Iseng

Bayu Galih Permana - Selasa, 19 November 2019 | 12:00
Ilustrasi WhatsApp
PIXABAY/WEBSTER2703

Ilustrasi WhatsApp

HAI-Online.com - Salah satu raksasa teknologi dunia, Facebook baru-baru ini menemukan celah pada aplikasi pesan singkat garapan mereka, WhatsApp yang dapat dimanfaatkan hacker untuk mengirim kode berbahaya melalui file video.

Berlaku baik di sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, Enterprise Client, maupun Business, Facebook menyebut bahwa celah keamanan tersebut dapat dieksploitasi untuk mengintip pesan, bahkan mengambil kendali perangkat milik pengguna.

"Masalah ini berada pada proses parsing metadata file MP4, dan dapat dipakai (hacker) untuk melakukan serangan Remote Code Execution (RCE) atau Denial of Service (Dos)," terangnya, seperti dikutip HAI dari Forbes.

Meski begitu, pihak Facebook sendiri diketahui telah memberikan update untuk menambal celah keamanan yang ada, dan mengimbau para pengguna untuk segera melakukan pembaruan.

Baca Juga: Negara Ini Berantas Kebakaran Hutan Pakai Kambing. Emang Bisa?

Selain itu, disebutkan juga bahwa belum ada tanda-tanda yang menunjukkan hacker sempat mengeksploitasi celah keamanan tersebut.

Berikut daftar versi WhatsApp dari berbagai macam sistem operasi yang celah keamanannya bisa dimanfaatkan hacker melalui kiriman file video.

- Android: sebelum 2.19.274

- iOS: sebelum 2.19.100

- Windows Phone: 2.18.368 ke bawah

- Enterprise Client: sebelum 2.18.368

Source : Forbes

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest