Follow Us

Dapet Uang Dari YouTube Bukan Cuma Lewat AdSense Kok, Seperti yang Eno Bening Bilang Nih

Alvin Bahar - Senin, 18 November 2019 | 14:00
Ilustrasi YouTube
MakeUsOf

Ilustrasi YouTube

HAI-ONLINE.COM - Salah satu cara dapat uang saat jadi YouTuber itu dengan monetisasi lewat AdSense. Tapi, itu bukan satu-satunya cara kok. Makanya butuh nih `mindset yang bener dulu soal YouTube itu sendiri.

Eno Bening yang merupakan salah satu ambassador YouTube di Indonesia berkata kalo jadikan YouTube itu portofolio diri lo, bukan semata-mata jadi ajang cari duit lewat AdSense belaka.

Dengan mindset kayak gini, lo nggak perlu khawatir deh kalau memang aturan YouTube untuk monetisasi akun itu terus berubah.

Perhitungan AdSense situ sendiri juga nggak semudah yang dibayangkan.

Baca Juga: Kenapa Sih Orang Pake Baju Band Padahal Nggak Dengerin Musiknya?

Bahkan, Eno waktu HAI tanya bagaimana sistem monetisasi YouTube pun sulit menjelaskannya secara rinci. Ya pasalnya nih ya bro, memang sedemikian rumit.

Nggak cuma dilihat dari berapa viewers aja, tapi ada perhitungannya lagi.

Contohnya nih, orang yang nonton video lo dari luar negeri dan dalam negeri tentu beda berapa torehan uang yang masuk ke akun lo.

Hal itu tergantung daya beli, jumlah penonton aktif, dan AdBlock di sebuah negara, angkanya pun terus berubah.

Selain itu, berapa lama orang memang nonton di YouTube, klik iklan, konten YouTube lo itu sendiri seperti apa, dan sederet hal lain yang jadi perhitungan untuk monetisasi akun.

Saat lo klik berkali-kali iklan di akun lo sebagai sebuah strategi, YouTube juga nggak bakal ketipu loh buat hitung klik tersebut dan jadiin uang.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest