Follow Us

Bukan Bumbu atau Bahannya, Ternyata Kemasan Mi Instan Ini yang Bisa Picu Kanker

Ricky Nugraha - Kamis, 14 November 2019 | 18:05
Ilustrasi mi instan
Freepik

Ilustrasi mi instan

HAI-online.com - Mi instan memang merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, makanan ini bisa cepat disajikan saat perut sudah mulai lapar.

Namun, ada satu kekhawatiran bagi orang-orang yang gemar mengonsumsi mie instan, yaitu terkait masalah kesehatan, terutama karena diduga bisa memicu penyakit kanker.

Meski begitu, faktanya belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan secara pasti bahwa mi instan dapat menyebabkan kanker.

Karena pada dasarnya, kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kelainan atau mutasi genetik, keturunan, rokok, alkohol, sinar matahari, radiasi, virus, hingga infeksi.

Baca Juga: Waspada Obesitas Sob! Gini Caranya Ngukur Berat Badan Ideal Atau Nggak

Melansir dari Family Doctor melalui Toutiao, mi instan terbuat dari tepung terigu, termasuk sayuran kering, bubuk kering, dan minyak dalam bumbu.

Mi-nya sendiri terbuat dari tepung gandum yang secara alami nggak berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan minyak sayur yang digunakan juga aman karena biasa dipakai untuk masak.

Sayuran kering yang jadi bagian dalam penyajian adalah sayuran dalam kondisi alami atau dehidrasi buatan.

Sebagian besar air dalam sayur dihilangkan sehingga beberapa nutrisi sensitif di dalamnya hilang. Meski begitu, sayuran tersebut masih aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Demi Kesehatan, Pemerintah Indonesia Bakal Larang Vape dan Rokok Elektrik

Secara keseluruhan dari penjelasan di atas, mi instan tetap aman dikonsumsi dan nggak ada zat yang menyebabkan kerusakan serius pada manusia.

Nah, ternyata yang mungkin jadi masalah adalah wadah dari plastik atau styrofoam yang biasa digunakan untuk mi instan dalam kemasan cup/mangkuk.

Source : Family Doctor, Intisari Online

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest