Follow Us

Paling Berfaedah, Ini 15 Universitas Terbaik di Indonesia dalam Pengabdian Masyarakat

Ricky Nugraha - Kamis, 14 November 2019 | 12:15
Ilustrasi pengabdian masyarakat
Pexels/Rodolfo Quirós

Ilustrasi pengabdian masyarakat

HAI-online.com - Prestasi suatu universitas sejatinya nggak selalu dinilai berdasarkan nilai akademisnya saja, tapi juga dari hal-hal lain seperti pengabdian pada masyarakat.

Pada 5 November lalu, Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat telah mengumumkan Peringkat Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat untuk tahun 2016-2018.

Pengabdian Masyarakat sendiri diartikan sebagai kegiatan perguruan tinggi yang berorientasi pada pelayanan masyarakat dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni terutama dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan memajukan kesejahteraan bangsa.

Indikator penilaian peringkat ini didasarkan pada "Panduan Penilaian Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi" yang diterbitkan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia yang Perbolehkan Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi

Indikator pemeringkatan perguruan tinggi dengan basis kinerja pengabdian masyarakat didasarkan pada sumber daya, manajemen, aspek luaran/output dan aspek revenue (unit bisnis, income atau royalti yang dihasilkan).

Dari 127 universitas dalam daftar, berikut 15 universitas terbaik dalam kinerja Pengabdian Masyarakat tahun penilaian 2016-2018 menurut Kemenristekdikti:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Diponegoro

3. Universitas Padjadjaran

4. Universitas Sebelas Maret

5. Institut Pertanian Bogor

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest