Follow Us

5 Fakta Seputar Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia yang Perbolehkan Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi

Ricky Nugraha - Jumat, 08 November 2019 | 10:51
Risa Santoso, rektor termuda di Indonesia
Kompas.com/Andi Hartik

Risa Santoso, rektor termuda di Indonesia

HAI-online.com - Nama Risa Santoso belakangan ini jadi perbincangan di media sosial setelah resmi dilantik sebagai rektor Institut Teknologi Bisnis Asia Malang pada Sabtu (2/11/19) kemarin.

Pencapaian ini juga membuat Risa menyandang predikat sebagai rektor termuda Indonesia di usia 27 tahun.

Meski masih muda, Risa sudah memiliki banyak pengalaman yang membuatnya nggak kalah dengan sosok-sosok yang lebih senior. Simak langsung aja deh 5 fakta menarik seputar sosok Risa Santoso di bawah ini.

Baca Juga: 5 Tips Kirim Email Lamaran Kerja yang Dilirik HRD Buat Para Fresh Graduate

1. Rektor pertama dan termuda

Selain menjadi rektor termuda di Indonesia, Risa Santoso juga menjadi rektor pertama di Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang.

Sebab, lembaga pendidikan yang ia pimpin baru terbentuk dan merupakan gabungan dari dua sekolah tinggi yang sudah berkembang sebelumnya, yakni Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) ASIA Malang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ASIA Malang.

Dua sekolah tinggi yang berada di bawah Yayasan Wahana Edukasi Cendekia itu lantas digabung dan menjadi Institut Teknologi dan Bisnis ASIA Malang melalui SK Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) nomor 744/KPT/I/2019 pada 23 Agustus 2019.

Baca Juga: Novi Dibanjiri Kritikan karena Galang Dana untuk Kuliah di Luar Negeri, Ini Pesan Sosiolog untuk Netizen

2. Riwayat pendidikan

Sebelum menjadi rektor, Risa sudah bekerja dua tahun di kampus yang dipimpinnya. Bidang pendidikan memang diakuinya telah menjadi menjadi pilihan hidupnya dan mengaku ingin mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

Dilansir dari Tribunnewsmaker, jenjang S1 diselesaikan Risa di University of California, Berkeley, jurusan Ekonomi. Setelah lulus S1, Risa melanjutkan pendidikannya di Harvard University, dengan mengambil jurusan pendidikan.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest