Follow Us

Aplikasi Gradient-You Look Like Ternyata Punya Pengembang Misterius

HAI Internship - Selasa, 22 Oktober 2019 | 17:30
Aplikasi Gradient-You Look Like
twitter.com

Aplikasi Gradient-You Look Like

HAI-Online.com - Belakangan ini, kita pasti sering lihat foto seperti di atas beredar di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Foto tersebut berasal dari aplikasi yang bernama "Gradient-You Look Like"

Yap, hampir mirip dengan FaceApp, aplikasi tersebut merupakan aplikasi edit foto di mana foto wajah yang di upload, akan dimirip-miripkan dengan wajah dari orang-orang terkenal melalui empat transisi.

Melansir KompasTekno, aplikasi tersebut bahkan sampai memuncaki aplikasi trending di Google Play Store pada Senin (21/10/2019) kemarin.

Nah, walaupun cuma buat hiburan atau lucu-lucuan aja, tapi sebenernya aplikasi ini aman nggak sih? Pasalnya, dulu aplikasi FaceApp dari perusahaan Rusia Wireless Lab juga sempat ramai dan dinilai nggak sepenuhnya aman. Mereka diduga mencuri secara diam-diam foto dari galeri ponsel masing-masing pengguna.

Kalau kita liat di panduannya, Gradient menyebutkan bahwa "tidak akan mengklaim kepemilikan konten pengguna yang diunggah"

Baca Juga: Konsol PlayStation 5 Dipastikan Bakal Bisa Mainin Game-game PS4

Lalu, soal penggunaan datanya, kebijakan privasi ini mengatakan "tidak akan menyewa dan menjual informasi pribadi yang dihimpun pengembang ke pihak ketiga."

Di samping itu, ternyata developer atau pengembang dari aplikasi Gradientini ini agak misterius. Aplikasi ini diketahui dikembangkan oleh Ticket to The Moon Inc. Nah, informasi publik soal pengembang tersebut sangat minim didapat.

Developer atau pengembang Ticket To The Moon, Inc
Capture Google Play Store

Developer atau pengembang Ticket To The Moon, Inc

Dari ketentuan penggunaan aplikasi, Ticket to The Moon Inc beralamat di Delware AS. Tapi, saat Independent menelusuri alamat tersebut, Google Maps malah mengarahkan ke sebuah firma investasi yang bernama Meihua Capital Partners LLC, dan nggak menemukan "Ticket to the Moon"

Sampai saat ini, memang belum ada penelitian yang menyatakan apakah Gradient-You Look Like ini aman atau nggak. Jadi, nggak ada salahnya kalau kita harus lebih berhati-hati.

Karena, dari review yang ada di Google Play Store, beberapa pengguna mengeluhkan aplikasi ini. Seperti, ada yang menyampaian dirinya nggak bisa menghentikan langganan di aplikasi Gradient.

Source : Kompas Tekno

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest