Follow Us

World Food Day 2019, Yuk Terapkan Pola Makan Sehat!

HAI Internship - Kamis, 17 Oktober 2019 | 20:00
Hari Pangan Sedunia tahun ini mengusung tema
Shutterstock

Hari Pangan Sedunia tahun ini mengusung tema

HAI-Online.com - World Food Day atau Hari Pangan Sedunia (HPS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 16 Oktober dengan menyoroti pentingnya upaya mengakhiri bentuk-bentuk kekurangan gizi.

Selain itu, adanya Hari Pangan Sedunia ini juga untuk memastikan keamanan pangan tersedia bagi semua orang. Memasuki tahun ke-39, tema yang diusung kali ini ialah "Our Actions Are Our Future. Healthy Diets for A #ZeroHunger World"

Nah, dengan tema tersebut, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk ikut serta memperingati Hari Pangan Sedunia. Salah satunya dengan berbagi makanan kepada orang-orang yang membutuhkan, dan mengubah pola pangan kita sendiri menjadi lebih sehat.

Belakangan ini, akibat globalisasi dan urbanisasi, pola pangan kebanyakan orang telah berubah. Saat ini, orang beralih pada makanan kaya gula, lemak, garam, yang kalau dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Untuk itu, perlu banget kita menerapkan pola makan sehat yang bisa membantu melindungi diri dari persoalan kesehatan. Terus, gimana caranya?

Yuk, simak tips menerapkan pola makan sehat yang sudah HAI rangkum dari berbagai sumber.

Buat Jurnal Makanan

Yap, kita bisa mulai dengan cara membuat jurnal makanan. Dalam jurnal tersebut, kita bisa menuliskan apa saja yang sudah kita makan dan minum dalam satu hari penuh hingga seterunsya.

Dengan begitu, kita bisa memperkirakan sendiri berapa kalori yang sudah kita makan, serta melihat rekapan apakah yang selama ini yang kita konsumsi sehat atau nggak.

Bahkan, kalau kita rajin menulis jurnal, berat badan kita juga bisa turun loh. Hal terseut pernah diungkapkan dalam Jurnal Obesity. Mereka membuktikan bahwa menyisihkan sedikit waktu setiap hari untuk menuliskan apa yang kita makan dan minum, dapat meningkatkan peluang menurunkan berat badan.

Menetapkan Batas Sehat

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest