Follow Us

Bukan Cuma Keren, Ini Manfaat Fitur Dark Mode yang Lagi Ngetren

HAI Internship - Selasa, 15 Oktober 2019 | 18:13
Instagram Dark Mode
FoneArena

Instagram Dark Mode

HAI-Online.com - Belakangan ini, fitur dark mode lagi nge-tren digunakan. Fitur yang menampilkan latar belakang berwarna hitam gelap dengan teks putih tersebut, muncul di beberapa aplikasi, media sosial, bahkan sistem operasi seperti iOS 13.

Beberapa aplikasi seperti Facebook dan WhatsApp pun saat ini sedang mengembangkan aplikasinya agar bisa menyusul memiliki fitur dark mode.

Nah, sebenarnya apa sih manfaat dari adanya dark mode ini buat kita sebagai pengguna?

Hemat BateraiHAI kutip dari Forbes, penelitian pada penggunaan dark mode menunjukkan baterai pada smartphone jadi bisa bertahan lebih lama.

Dengan warna hitam, smartphone nggak perlu bekerja keras untuk menyalakan LED ataupun OLED yang ada di dalam layar. Sehingga energi yang dikeluarkan smartphone pun nggak begitu banyak. Namun, penghematan baterai ini lebih berfungsi pada smartphone yang memiliki layar OLED.

OLED atau Organic Light-Emitting Diode memang berbeda dengan layar LCD ataupun LED. Layar OLED dikenal lebih fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.

Pada layar OLED, piksel akan mati jika layar menampilkan warna hitam. Sehingga, jika dark mode diaktifkan, maka sebagian besar piksel di layar akan mati dan hal tersebut membuat baterai menjadi lebih hemat.

Baca Juga: Dian Sastro Beri Pesan untuk Awkarin: Don't Stop! Kamu Membanggakan

Mengurangi Kelelahan Pada Mata

Ketika mentap layar smartphone, secara nggak sadar mata kita akan menjadi lelah. Apalagi, jika layarnya terang. Hal tersebut menuntut mata kita jadi bekerja lebih keras dan membuat mata kita tegang.

Nah, adanya fitur dark mode, fokus kita terhadap layar menjadi lebih mudah dan secara otomatis, kelelahan atau ketegangan pada mata pun berkurang. Hal ini pun diyakini oleh Apple.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest