Follow Us

Alami Kelumpuhan, Cowok Ini Bisa Berjalan Lagi Berkat Teknologi Exoskeleton Berkekuatan Pikiran

Bayu Galih Permana - Selasa, 15 Oktober 2019 | 13:35
Thibault berjalan dengan teknologi exoskeleton.
The Lancet

Thibault berjalan dengan teknologi exoskeleton.

HAI-Online.com - Seorang cowok bernama Thibault akhirnya berhasil kembali berjalan dengan menggunakan kedua kakinya dengan teknologi exoskeleton, setelah dalam empat tahun terakhir mengalami kelumpuhan karena penyakit paralisis yang dia alami.

Seperti yang dilansir HAI dari Boredpanda, penyakit paralisis yang diderita oleh Thibault bermula empat tahun lalu, ketika dia terjatuh dari ketinggian 15 meter, di mana hal itu lalu membuatnya mengalami cedera parah pada bagian tulang punggung.

Cedera itu diketahui membuatnya mengalami kelumpuhan dari bahu ke bawah, sebelum akhirnya dia bisa kembali menggerakan bisep dan pergelangan tangan kiri sehingga dapat mengoperasikan kursi roda.

Setelah menghabiskan waktu dua tahun di rumah sakit, cowok berusia 28 tahun ini kemudian memutuskan untuk mendaftar dalam percobaan exoskeleton yang digagas oleh perusahaan Clinatec dan Universitas Grenoble pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga: Berkaca ke Kasus Sulli, Depresi dan Kecemasan Ternyata Jadi Masalah Kita

Thibault berjalan dengan teknologi exoskeleton.
The Lancet

Thibault berjalan dengan teknologi exoskeleton.

Di sana, Thibault mulai menggunakan implan otak yang digunakan untuk mengontrol pergerakan karakter virtual dalam permainan dengan kekuatan pikiran, hingga akhirnya diaplikasikan pada dirinya sendiri.

Meskipun pergerakan yang dihasilkan belum sepenuhnya sempurna, cowok asal Perancis tersebut mengaku sangat bersemangat sekaligus senang dengan kemajuan yang ditunjukannya bersama alat itu.

"Alat tersebut membuatku berasa seperti menjadi orang yang pertama kali menginjakkan kaki ke bulan," ujar Thibault.

Wah, keren abis ya sob. Semoga teknologi exoskeleton ini dapat segera disempurnakan dan membantu orang-orang yang mengalami kelumpuhan. (*)

Source : BoredPanda

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest