Follow Us

Nggak Cuma Bikin Gemuk, Makan Larut Malam Malah Bikin Mimpi Buruk

Bayu Galih Permana - Kamis, 10 Oktober 2019 | 16:53
Ilustrasi makan sebelum tidur
via Simplemost

Ilustrasi makan sebelum tidur

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, banyak orang yang selama ini memilih makan larut malam karena dianggap bisa membuat tidur semakin nyenyak jika dibandingkan saat beristirahat dalam keadaan perut kosong.

Padahal, menurut laporan dari Penn Medicine News, kebiasaan tersebut dapat membuat orang-orang mengalami peningkatan berat badan lebih cepat dibandingkan biasanya.

Nggak cuma mempengaruhi berat badan aja, makan larut malam ternyata juga diketahui dapat mempengaruhi mimpi seseorang karena kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh bekerja lembur untuk mencerna makanan yang disantap.

Dalam penelitian terhadap mahasiswa yang sering makan sebelum tidur, kebanyakan dari mereka dilaporkan mengalami mimpi aneh yang menganggu, di mana hal tersebut sendiri muncul akibat buruknya sistem pencernaan tubuh.

Baca Juga: Enak Sih, Tapi Jangan Konsumsi Soda Bareng 3 Makanan Ini Deh!

Ilustrasi makan sebelum tidur
via The Rise & Shine

Ilustrasi makan sebelum tidur

Untuk menghindari hal tersebut, peneliti pun menyarankan orang-orang untuk menghindari makan larut malam, atau mengganti makanan mereka dengan camilan kecil yang pada nutrisi.

Sementara itu, alasan lain untuk menghindari makan penuh sebelum tidur yaitu bisa menawarkan manfaat kesehatan yang sama seperti puasa intermiten.

Apabila terus dilakukan, kebiasaan tersebut diketahui dapat membantu untuk menurunkan berat badan, menghindari penyakit kronis, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan kesempatan berumur panjang.

Gimana nih yang selama ini punya hobi makan larut malam? Masih pada mau mempertahankan kebiasaan tersebut atau merubahnya nih? (*)

Source : Kompas.com, Daily Mail

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest