Follow Us

Jogging Sambil Pegang Hape di Tangan Ternyata Bisa Timbulkan Gangguan Kesehatan

Bayu Galih Permana - Rabu, 09 Oktober 2019 | 20:20
Ilustrasi jogging
PIXABAY/STOCKSNAP

Ilustrasi jogging

HAI-Online.com - Ketika jogging, sebagian orang seringkali lebih memilih untuk menggenggam ponsel mereka di tangan sambil berlari daripada memasukannya ke kantong supaya lebih praktis apabila ada pesan atau panggilan masuk atau sekedar ingin sambil mendengarkan musik.

Padahal kebiasaan tersebut nggak cuma berpotensi membuat ponsel di genggaman jatuh, tetapi juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan bagi tubuh kita, salah satunya cedera.

Menurut pengakuan pelatih lari atletik Inggris, Alexa Duckworth-Briggs, berlari sambil memegang ponsel di tangan dapat membuat tubuh manusia terserang cedera, khususnya pada bagian bahu dan juga pinggang.

"Kebiasaan ini bisa memicu ketidakseimbangan otot, berdampak pada distribusi berat di tubuh kita, dan membuat kita menjadi pelari yang secara umum kurang efisien," terang Alexa seperti yang dikutip dari Metro.

Baca Juga: Jadi Ragu Pakai Lagi, Ini 5 Kasus Tersesat Karena Google Maps

Alexa menjelaskan, ketika kita berlari, lengan dan kaki yang berlawanan akan bergerak maju dan mundur secara bersamaan sehingga jika memegang ponsel di tangan kanan, kemungkinan besar nantinya akan timbul masalah dengan kaki dan panggul bagian kiri.

Ketika tangan memegang ponsel, secara nggak langsung kita menambah sedikit beban pada satu sisi tubuh dan menjaga lengan dalam posisi yang nggak alami, di mana hal tersebut menyebabkan tubuh menyesuaikan berat badan dengan cara yang merusak dan bisa mengakibatkan cedera.

Apalagi, kebanyakan ponsel saat ini memiliki dimensi ukuran yang lebih besar dan berat, sehingga memperbesar peluang pelari untuk terserang cedera.

Untuk mencegah hal tersebut, Alexa pun menyarankan orang-orang untuk membeli tas elastis yang bisa menempel ketat pada pinggang sehingga ponsel mereka bisa diletakkan pada bagian tengah tubuh.

Tuh dengerin sob. Kalau kalian sendiri gimana, selama ini termasuk yang suka bawa ponsel di genggaman tangan nggak pas lagi jogging? (*)

Source : Metro

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest