Follow Us

Pelajar Dianiaya dan Didepak dari Sekolah Usai Debat dengan Guru Soal Izin ke Toilet

Ricky Nugraha - Senin, 23 September 2019 | 15:20
Ilustrasi penganiayaan
Pexels/it's me neosiam

Ilustrasi penganiayaan

HAI-online.com - Seorang siswa Madrasah Aliyah Izzatul Maarif di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dikeluarkan dari sekolahnya setelah berdebat dengan gurunya. Siswa berinisial RB tersebut dinilai kepala sekolah telah melanggar etika berat.

Pemicunya sepele, siswa itu meminta izin buang air kecil namun ditolak guru hingga berujung pada perdebatan di kelas. Buntutnya, siswa dipukul guru hingga dikeluarkan dari sekolah secara tidak hormat.

Orangtua RB pun berusaha mendatangi pihak sekolah untuk mempertanyakan kejelasan masalah tersebut, tapi kepala MA dan guru yang bersangkutan tak ada di sekolah.

“Saya ini datang ke sekolah hendak mengklarifikasi langsung dengan pihak sekolah, apa masalahnya anak saya tiba-tiba dikeluarkan dari sekolah. Kalau alasannya hanya mendebat guru, menurut saya itu tidak cukup beralasan mengeluarkan siswa dari sekolah,” kata orangtua RB, Pallaupa, kepada wartawan yang menemuinya di sekolah, Senin (23/9/2019).

Baca Juga: Nggak Diterima Ditegur Rapikan Seragam, Siswa SMA di Banjarmasin Tampar Wakil Kepala Sekolah

Pallaupa, orangtua RB, saat memberikan penjelasan
Kompas.com/Junaedi

Pallaupa, orangtua RB, saat memberikan penjelasan

Menurut pengakuan RB, saat belajar di kelas, ia mau buang air kecil karena udah kebelet. Namun, permintaan izin ke toilet itu ditolak sang guru karena khawatir RB malah bolos sekolah.

Guru dan siswa pun terlibat perdebatan di kelas sampai terlontar kata-kata yang dinilai kedua belah pihak tak layak. Menurutnya, guru tersebut malah menganggapnya lancang dan sempat mengajak duel.

Pallaupa juga menilai, keputusan kepala sekolah mengeluarkan anaknya karena tidak santun dan melanggar etika juga tidak cukup beralasan.

Selain itu, RB juga mengaku telah dianiaya kepala sekolah setelah guru yang nggak terima didebat siswanya itu mengadu. Awalnya, RB mengaku dipanggil menghadap ke kepala sekolah.

Baca Juga: Viral Video Siswa SMA Kejang-kejang Saat Main Game Online, Orang Tua Beri Klarifikasi

Ia mengaku nggak menyangka ketika tiba di depan kepala sekolah, ia malah langsung ditinju hingga didorong agar keluar dari sekolah.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest