Follow Us

Viral Video Narkoba Disisipkan dalam Daging Rendang, Ternyata Bukan di Indonesia

Bayu Galih Permana - Sabtu, 21 September 2019 | 11:30
Viral video narkoba yang diduga disisipkan dalam daging rendang.
TWITTER/UKURJALAN19

Viral video narkoba yang diduga disisipkan dalam daging rendang.

HAI-Online.com - Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan video yang diunggah oleh akun Twitter @UkurJalan19, berisi bungkusan paket narkoba yang diduga disisipkan dalam daging rendang.

Dalam video yang dibagikan pada Kamis (19/9) lalu, @UkurJalan19 memperingatkan masyarakat untuk nggak sungkan menolak apabila mendapatkan titipan dari pihak yang nggak dikenal ketika berada di tempat umum.

"Perlu diwaspadai, jgn pernah mau dititipin apapun sm orang yg gak dikenal. Meskipun di bandara, stasiun, mall atau tempat2 ramai.. (walaupun cuma rendang) ternyata bs bermasalah," tulisnya dalam keterangan video.

Menanggapi video yang tengah menjadi perbincangan di media sosial, Badan Narkotika Nasional (BNN) RI diketahui telah melakukan penelusuran dan mendapati bahwa kejadian tersebut terjadi bukan di Indonesia, melainkan Nigeria.

Baca Juga: 3 Musisi Ini Cedera Saat Manggung Gara-gara Kecerobohannya Sendiri

Fakta ini sendiri diungkapkan Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen (Pol) Sulistyo Pudjo, di mana dia mengetahui berita tersebut dari media Nigeria, Jacaranda FM.

"Saya juga tahunya dari berita Nigeria www.jacarandafm.com dengan judul 'Drugs inside cooked meat'. (Awalnya) dari akun (Twitter) Yusuf Abramjee, lalu viral ke medsos dan media Nigeria. Baru ribut di Indonesia," ungkap Pudjo seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Sementara itu, saat dimintai konfirmasi, akun Twitter @UkurJalan19 mengungkapkan bahwa video yang didapatnya dari grup WhatsApp tersebut terjadi di luar negeri, bukan Indonesia.

"Saya dapat dari WA grup. Itu kejadian di luar negeri, bukan di Indonesia. Backsound-nya kan ada yang bicara, enggak pakai bahasa kita," terang @UkurJalan19.

Terlepas dari tempat kejadian tersebut berlangsung, semoga dengan adanya video ini kita dapat lebih waspada lagi ke depan, terkhusus pada orang asing ataupun pihak-pihak yang baru dikenal. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest