Follow Us

Menang Sony Eco Shopping Bag Design, Remaja Indonesia Dapat Beasiswa Rp20 Juta

HAI Internship - Rabu, 18 September 2019 | 19:15
Kazuteru Makiyama (President Director PT Sony Indonesia), Langit Diwangkara (Pemenang Sony Eco Shopping Design Contest), Ade Swargo Mulyo (Director of Partnership WWF Indonesia)
Lubna/HAI

Kazuteru Makiyama (President Director PT Sony Indonesia), Langit Diwangkara (Pemenang Sony Eco Shopping Design Contest), Ade Swargo Mulyo (Director of Partnership WWF Indonesia)

Hai-Online.com - Sony Indonesia telah mengumumkan pemenang dari "Sony Eco Shopping Bag Contest" pada Rabu (18/9/2019), di Wisma GBKI, Jakarta.

Pemenang tersebut ialah Langit Diwingkara (17), mahasiswa jurusan Sistem Informasi, Universitas Gunadarma. Hasil dari desain Langit akan dipakai sebagai kantong belanja oleh seluruh Sony Center di Indonesia. Istimewanya, kantong belanja tersebut bersifat reusable alias bisa digunakan kembali.

"Kami sangat senang melihat banyaknya desain yang begitu kreatif yang dikirimkan generasi muda Indonesia. Dalam pemilihan pemenang, ada empat kriteria yang menjadi penilaian tim juri, yaitu desain, kualitas isi, kreativitas dan nilai lingkungan," kata Kazuteru Makiyama, President Director dari PT Sony Indonesia.

Sebelumnya, Sony Indonesia mengadakan kompetisi "Sony Eco Shopping Bag Contest" yang telah berlangsung sejak 1 Mei hingga 30 Juni 2019 lalu. Kompetisi tersebut bertujuan untuk mengurangi polusi lautan oleh sampah plastik.

Dan sesuai dengan kampanye global CSR-nya yaitu "For The Next Generation", lomba tersebut ditujukan kepada seluruh pelajar dan mahasiswa Indonesia sebagai upaya meningkatkan kesadaran generasi muda tentang pentingnya mendukung, melindungi dan memelihara lingkungan.

Baca Juga: Seniman Ini Ubah Stadion Sepak Bola di Austria Jadi Hutan Sebagai Bentuk Kritik

Selain desainnya dipakai sebagai reusable shopping bag, sebagai pemenang Langit juga mendapatkan beasiswa pendidikan sebesar Rp. 20.000.000

Desain dari Lintang yang dijadikan reusable shopping back untuk Sony Center di seluruh Indonesia
Lubna/HAI

Desain dari Lintang yang dijadikan reusable shopping back untuk Sony Center di seluruh Indonesia

Langit menyampaikan ketertarikannya mengikuti kompetisi ini lantaran dirinya bisa turut berperan dalam usaha melestarikan bumi. Sementara untuk proses kreatifnya, ia dapatkan dari hal-hal yang terjadi di sekitarnya.

"Sehari-hari kita menempati bumi dan memanfaatkan isi yang ada di bumi, namun, apakah kita pernah berpikir mengenai apa yang diinginkan bumi? Inilah ide yang menginspirasi saya untuk menciptakan desain kantong belanja Sony," jelas Langit.

Saat diwawancara HAI, Langit mengaku memang hobi mendesain. Menurutnya, itu adalah bentuk untuk mengekspresikan diri mengenai apa yang kita lihat, lakukan, dan yang kita pikirkan. Selain itu. Selain itu, dirinya juga sudah tertaik dengan isu lingkungan sejak SMP. Ia berharap bisa menjadi generasi yang terus menjaga kekayaan bumi.

(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest