Follow Us

Sering Disalahgunakan, Spotify Minta Data Lokasi Pengguna Paket Family

Ricky Nugraha - Senin, 16 September 2019 | 13:15
Spotify
Hypebeast

Spotify

HAI-online.com - Jika selama ini telah berlangganan Spotify menggunakan paket family, mungkin kini kalian akan kecewa kalau para pengguna lain yang diajak sharing bukanlah benar-benar anggota keluarga.

Spotify baru-baru ini dikabarkan akan melakukan penindakan bagi para pengguna yang menggunakan paket family, tapi nggak tinggal bersama, dengan menanyai lokasi tempat tinggal.

Menurut The Verge, perusahaan layanan streaming ini telah mengeluarkan syarat dan ketentuan baru untuk membuktikan semua pengguna yang ingin berlangganan paket keluarga benar-benar tinggal bersama.

Nggak cuma itu, secara berkala para pengguna juga akan dimintai bukti lokasi untuk memastikan bahwa mereka benar-benar tinggal bersama dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Makin Keren, Gmail di Android Sudah Mulai Kebagian Mode Gelap

Spotify sendiri sebelumnya telah mencoba melakukan tindakan serupa terkait paket keluarga, tapi dibatalkan karena masalah privasi.

Tahun lalu, Spotify menguji fitur yang meminta pengguna untuk membagikan koordinat GPS mereka, namun kemudian diakhiri setelah kekhawatiran muncul. Sekarang, mereka sedang menguji ide serupa tapi lebih "ramah".

Spotify menjelaskan bahwa paket keluarga hanya untuk "anggota keluarga yang tinggal di alamat yang sama."

Pengguna baru akan diminta untuk mengkonfirmasi lokasi mereka menggunakan Google Maps dan mereka mungkin akan dimintai verifikasi ulang alamat, dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Dulu Tiru Snapchat, Kini Instagram Contek Tik Tok

"Dari waktu ke waktu, kami mungkin akan memverifikasi alamat rumah Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda masih memenuhi syarat (untuk Family Plan)," tulis Spotify dalam ketentuan penggunaan dimaksud.

Jika alamat tidak dikonfirmasi, Spotify bisa menghentikan atau menangguhkan paket tersebut.

Source : The Verge, Quartz

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest