Follow Us

8.500 Mahasiswa Baru UI Cetak Rekor Muri dengan Buat Makara dari Sampah Botol Plastik

Ricky Nugraha - Sabtu, 24 Agustus 2019 | 17:05
Deklarasi Duta Bersihkan Sampah Plastik antara Universitas Indonesia (UI), Ikatan Alumni UI, dan Jasa Marga di kampus UI Depok
PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Deklarasi Duta Bersihkan Sampah Plastik antara Universitas Indonesia (UI), Ikatan Alumni UI, dan Jasa Marga di kampus UI Depok

HAI-online.com - Sebanyak lebih dari 8.500 mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) ikut berpartisipasi dalam kampanye Program Cinta Kampus (PCK) UI.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Universitas Indonesia (UI), Ikatan Alumni UI bekerja dan Jasa Marga untuk melakukan deklarasi Duta Bersihkan Sampah Plastik.

Hal ini sebagai wujud komitmen Jasa Marga untuk mengangkat program kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Perusahaan pengelola jalan tol itu menargetkan, semakin banyak sosialisasi dan edukasi serta implementasi mengenai pelestarian lingkungan, terutama pengelolaan sampah plastik.

Baca Juga: Canggih, Mahasiswa ITT Purwokerto Ciptakan Aplikasi Pengukur Kematangan Pepaya lewat Smartphone

Sejumlah kegiatan dilakukan 8.500 mahasiswa baru tersebut, yaitu membawakan tarian pilah sampah dan membuat replika lambang Makara UI dengan sampah botol plastik.

Kegiatan ini pun meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) sebagai Tarian Pilah Sampah oleh Penari Terbanyak dan Replika Logo Makara UI Terbesar dari Sampah Botol Plastik–Ecobrick.

Ada pula aktivitas menanam pohon di wilayah kampus UI Depok, serta melepas ikan dan membersihkan sampah di enam danau UI.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, kegiatan tersebut sesuai dengan komitmen UI untuk mempertahankan sepertiga wilayah kampus UI sebagai hutan hijau sejak tahun 2010.

Baca Juga: Bakal Berkompetisi di Formula SAE 2019 Jepang, Mahasiswa UNS Luncurkan Mobil Balap 'Yudhistira'

“Deklarasi Jasa Marga dengan UI ini sebagai bagian dari dukungan kami terhadap badan usaha untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar," ujar Anis dikutip dari Kompas.com.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengharapkan kerja sama ini bisa meningkatkan jumlah program edukasi yang masif, baik dalam bentuk sosialisasi maupun dialog publik dengan berbagai komunitas yang semakin beragam.

Dia mengatakan, tidak salah memilih UI sebagai mitra untuk menjadi Duta Perangi Sampah Plastik karena sudah terbukti dalam mengelola dan mengurangi sampah plastik sejak tahun 2012. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest