Follow Us

Mengenal TaniHub dan TaniFund yang Membantu Permasalahan Petani dengan Metode Kekinian

Dio Firdaus - Minggu, 18 Agustus 2019 | 21:00
Foto bersama petani, media dan TaniHub
Bhisma Adinaya/TaniGroup

Foto bersama petani, media dan TaniHub

Hai-online.com- Kamis lalu (15/8) Hai diajak TaniGroup untuk mengunjungi kebun mereka dan berkenalan lebih jauh dengan TaniHub dan TaniFund serta cara mereka menolong petani Indonesia.

Sebelum cerita keseruan Hai bareng TaniGroup dan berberapa media lainnya, kenalan dulu nih sama TaniGroup (TaniHub dan TaniFund).

TaniHub adalah e-commerce untuk hasil tani yang bertujuan untuk menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha dan end-user (pembeli). Sedangkan TaniFund adalah platform crowdfunding yang didirikan sebagai solusi permasalahan pendaan yang dihadapi petani.

Hari Kami situ, Hai diajak untuk melihat salah satu lahan milik petani yang dijuluki “Tani Champion” karena telah berhasil menyelesaikan sekian banyak proyek dengan TaniGroup, namanya Egi Gunawan atau sering dipanggil Kang Egi.

Kang Egi
Bhisma Adinaya/TaniGroup

Kang Egi

Dalam pengenalannya, Kang Egi juga bercerita bagaimana dirinya yang awalnya hanya menawarkan Durian khas kampungnya ke TaniHub dan berujung bekerjasama sampai saat ini. Btw, Kang Egi ini umurnya masih muda lho, sob. Tapi sudah bisa menjadi petani milenial yang sukses.

Bersama kelompok taninya, Guna Tani, Kang Egi berhasil mengembangkan budidaya tomat TW dan cabai merah keriting lewat pembiayaan peer-to-peer dari TaniFund. Buat yang mau lihat hasil cabe keritingnya, nih liat deh. Seger-seger banget!

Hasil panen cabe
Bhisma Adinaya/TaniGroup

Hasil panen cabe

Nah, untuk mendapatkan hasil yang sesegar foto di atas dan proyek budidaya berjalan lancar, TaniFund turut turun tangan dengan menugaskan tim field specialist untuk membimbing petani melalui aplikasi yang mudah diakses.

Selesai berkenalan dengan Kang Egi dan melihat kebun miliknya, Hai langsung diajak pergi lagi ke gudang TaniHub, tempat di mana semua hasil tani disortir bedasarkan grade-nya dan dikirim ke pembeli.

Di gudang yang masih di daerah Bogor itu, Hai berkesempatan untuk bertemu sang CEO dan Co Founder TaniGroup, Ivan Arie Sustiawan atau yang akrab dipanggil om Ivan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest