Follow Us

Baterai Android Boros? Aplikasi Google Ini Mungkin Penyebabnya

Ricky Nugraha - Minggu, 18 Agustus 2019 | 20:00
Ilustrasi baterai Android
Pixabay/VeComoHacerlo

Ilustrasi baterai Android

HAI-online.com - Ada banyak hal yang bisa menyebabkan baterai smartphone Android menjadi boros. Namun, mungkin kalian nggak terpikir kalau aplikasi Google ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

Aplikasi tersebut adalah Google Play Services. Aplikasi ini bisa diibaratkan sebagai pusat segala layanan Google yang mengatur berbagai hal seperti fungsi GPS, push notification, hingga proses background.

Google Play Services ternyata juga bisa memboroskan baterai ponsel Android. Tepatnya, sebuah bug di Google Play Services versi 18.3.82 belakangan banyak dikeluhkan membuat baterai boros.

Bug tersebut menyebabkan daya tetap tersedot meski perangkat sedang dalam mode stand by atau lagi nggak dipakai.

Baca Juga: 5 Smartphone dengan Sidik Jari Dalam Layar Terbaik Tahun Ini

Lantaran menimpa Google Play Services yang memegang peranan penting dan luas di perangkat Android, bug baterai boros pun menyebar ke berbagai versi Android dan ponsel dari aneka vendor.

Untuk melihat apakah ponsel kalian terdampak, buka menu "Settings", lalu buka menu baterai dan pilih opsi "Show full device usage" dari menu tiga titik di pojok kanan atas.

Di sini akan ditampilkan aplikasi mana saja yang paling banyak mengkonsumsi daya perangkat, seperti tampak dalam screenshot dalam tweet di bawah.

Apabila Google Play Services berada di urutan tiga besar dengan konsumsi daya belasan atau puluhan persen, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut di ponsel memang bermasalah.

Baca Juga: Udah Nggak Pake Embel-embel TAM, Begini Cara Baru Buat Cek Ponsel Xiaomi yang Resmi di Indonesia

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest