Follow Us

Diduga Sampah Indonesia Hanyut Sampai Thailand, Laporan Netizen Ini Bikin Miris!

Bayu Galih Permana - Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:19
Sampah dari Indonesia hanyut sampai Thailand dan membuat hewan-hewan laut mati terdampar.
Instagram/ivana_kurniawati

Sampah dari Indonesia hanyut sampai Thailand dan membuat hewan-hewan laut mati terdampar.

HAI-Online.com - Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan postingan salah satu pengguna Instagram dengan nama akun @ivana_kurniawati. Ia gencar melaporkan cerita mengenai sampah-sampah sisa produksi Indonesia yang diduga hanyut terbawa air laut hingga Thailand.

Dalam postingan yang dibagikan pada Minggu (11/8) kemarin, Ivana mengungkapkan bahwa fakta ini terungkap saat dia tengah mengikuti kegiatan membersihkan Pantai Nai Yang yang berada di daerah Phuket, dari sampah-sampah yang terbawa oleh hujan angin.

"Sudah beberapa hari masyarakat di Phuket, Thailand secara sukarela membersihkan sampah di pantai. Musim hujan angin telah membawa sampah-sampah itu ke sini," tulis Ivana membuka ceritanya.

Ketika tengah memungut sampah-sampah yang berserakan di pinggir pantai, betapa malu dan terkejutnya Ivana saat dia mengetahui bahwa sebagian besar limbah tersebut ternyata sebagian besar datang dari Indonesia.

Baca Juga: Diputuskan Rehab Narkoba, Jefri Nichol Ucapkan TerimaKasih

"Yang mengejutkan (dan tentu memalukan) bagiku adalah sebagian besar sampah yang bisa kuidentifikasi datang dari Indonesia! Sebagian besar! Entah sudah berapa tahun sampah itu mengambang di lautan," cerita Ivana lebih lanjut.

Paling menyedihkan, sampah-sampah tersebut membuat sejumlah hewan laut, salah satunya penyu, mati terdampar di pinggir pantai dengan kondisi tubuh terlilit.

"Ada juga hewan yang mati terdampar dengan sampah terlilit di tubuhnya. Aku percaya teman-teman sudah sering melihat gambar serupa, hari ini mataku menyaksikan sendiri hewan-hewan yang mati itu dengan sampah dari negeri kita yang datang bermil-mil jauhnya," tambahnya.

Berkaca dari kejadian tersebut, Ivana pun berpesan supaya kita terus belajar untuk bertanggung jawab, dan memulai hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dari diri sendiri.

"Semoga kita terus belajar bertanggung jawab, mungkin kita belum bisa berbuat sesuatu yang berarti tapi aku percaya kita selalu bisa memulai sesuatu dari diri kita sendiri," tutup Ivana.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest