Follow Us

Viral Bawang Putih Ditempel pada Tangan Dianggap Bisa Sembuhkan Sakit Gigi, Dokter Bilang Nggak Nyambung

Bayu Galih Permana - Sabtu, 06 Juli 2019 | 17:15
Postingan bawang putih bisa obati sakit gigi
Facebook via Kompas.com

Postingan bawang putih bisa obati sakit gigi

HAI-Online.com - Baru-baru ini, tengah viral sebuah postingan di media sosial Facebook yang mengatakan bahwa bawang putih merupakan bahan alami ampuh untuk menghilangkan nyeri akibat sakit gigi.

Dalam unggahan tersebut, pembuat postingan menuliskan bahwa bawang putih dapat mengurangi nyeri yang ditimbulkan dari sakit gigi apabila ditempelkan pada bagian pergelangan tangan dalam kurun waktu tertentu.

Caranya sendiri terbilang mudah, cukup geprek bawang putih dan tempelkan pada pergelangan tangan berlawanan arah dengan posisi gigi yang sakit (kanan-kiri, kiri-kanan) selama 15 hingga 20 menit.

"Yang menderita sakit gigi menahun seperti suami saya, monggo di praktekin, baput digeprek tempelin di pergelangan tangan. Kalo sakit gigi sebelah kanan, pasang bawang putih sebelah kiri, begitu sebaliknya," tulisnya sambil mengunggah foto contoh penggunaan.

Postingan bawang putih bisa obati sakit gigi
Facebook via Kompas.com

Postingan bawang putih bisa obati sakit gigi

Baca Juga: Rahasia Panjang Umur Dari Berbagai Negara Di Dunia, Bisa Sampai 82 Tahun!

Menanggapi postingan yang tengah viral di media sosial tersebut, pendiri Difa Oral Health Center, Jakarta, drg Widya Apsari Sp. PM menegaskan penempelan bawang putih di bagian pergelangan tangan nggak ada hubungan dengan sakit gigi yang sembuh.

"Enggak ada hubungannya (bawang putih ditaruh di pergelangan tangan bisa hilangkan sakit gigi). Kan sakit gigi ya saraf di gigi, yaitu saraf trigeminal. Enggak nyambung sama saraf di tangan," ujar Widya seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Menurut Widya, penempelan bawang putih pada pergelangan tangan nggak bakal menyembuhkan rasa sakit pada gigi, melainkan cuma pengalihan rasa sakit saja karena membuatnya jadi terpusat pada area kulit.

"Pada dasarnya sakit gigi itu disebabkan oleh kondisi gigi yang berlubang sampai mencapai lapisan pulpa atau saraf gigi," tambahnya.

Hmm, rasa sakit hilang karena nyerinya lebih terasa di pergelangan tangan ya sob. Daripada coba cara aneh-aneh, langsung aja pergi ke dokter aja deh kalau menemukan masalah pada gigi. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest