Follow Us

Kelamaan Pake Ponsel Diduga Bisa Munculkan Kelainan Tulang Tengkorak Kita

Ricky Nugraha - Minggu, 23 Juni 2019 | 18:05
Kelainan pada tulang tengkorak manusia yang diduga karena pemakaian gadget berlebihan
Scientific Reports

Kelainan pada tulang tengkorak manusia yang diduga karena pemakaian gadget berlebihan

HAI-online.com - Penggunaan ponsel atau gadget apapun secara berlebihan sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan.

Kini, riset ilmiah mengklaim penggunaan ponsel dapat menyebabkan pertumbuhan tengkorak yang nggak normal

Riset ini dilakukan oleh peneliti dari University of the Sunshine Coast di Queensland, Australia dan diterbitkan dalam Journal of Anatomy 2016.Dengan menggunakan pemeriksaan sinar-x, peneliti menemukan 41 persen orang berusia 18-30 tahun memiliki benjolan tulang yang menyerupai tanduk di belakang tulang tengkorak mereka.

Baca Juga: Jadi Favorit Semua Orang, Penelitian Sebut Daging Ayam Penyebar Wabah Penyakit

Benjolan-benjolan ini bukan tanduk, melainkan entesofit, pertumbuhan abnormal yang ditemukan pada titik perlekatan tendon atau ligamen.

Biasanya, entesofit berkembang perlahan dalam periode waktu yang lama. Hal inilah yang mengejutkan peneliti karena menemukannya di kalangan usia muda.

Meksipun belum jelas apa penyebabnya, peneliti percaya jika ini terkait dengan teknologi modern, seperti ponsel.

Menurut salah satu peneliti, David Shahar, peningkatan beban berkelanjutan pada perlekatan otot itu disebabkan oleh beratnya kepala yang bergerak maju ketika penggunaan teknologi modern untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Banyak Orang Nggak Sadar, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker

"Menggerakkan kepala ke depan membuat perpindahan berat kepala dari tulang belakang ke otot-otot di belakang leher dan kepala," ucap dia.Bagaimana pun, kita harus mempertahankan postur meskipun sedang menggunakan ponsel.

Shahar merekomendasikan penggunaan bantal yang berkontur khusus atau melakukan latihan yang menerapkan gerakan mengangkat dada bagian atas untuk membantu mengkalibrasi ulang postur tubuh.

Source : Kompas.com, Men's Health

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest