Follow Us

YouTube Kemungkinan Bakal Sembunyikan Kolom Komentar di Video

Ricky Nugraha - Minggu, 23 Juni 2019 | 14:25
Ilustrasi
iStock Editorial

Ilustrasi

HAI-online.com - Kolom komentar di YouTube memang sering kali menjadi tempat yang berisikan ujaran kebencian, caci maki, dan hal negatif lain. Meski nggak sedikit juga yang memberikan komentar-komentar positif.

Karena hal negatif itulah baru-baru ini YouTube bereksperimen untuk menyembunyikan kolom komentar video secara default dari pandangan pengguna.

Komentar-komentar video akan tetap ada dan bisa dibaca, tapi untuk melihatnya pengguna harus menekan tombol berlabel "Comments" terlebih dahulu.

Keberadaan tombol "Comments" ini diketahui dari tangkapan layar (screenshot) yang beredar. Letaknya di antara tombol "Dislike" dan tombol "Share", menggeser tombol "Save To".

Baca Juga: Gratis! Intel Hadirkan Aplikasi yang Bisa Bikin Kinerja Prosesor Makin Ngebut dengan Sekali KlikKomentar di video YouTube selama ini bisa langsung dilihat dengan scroll layar sampai melewati daftar video rekomendasi, seperti biasanya.

Selain tombol khusus yang persis di bawah video, alternatif lain yang tengah dicoba untuk meyembunyikan komentar adalah tab "Looking for comments? yang muncul setelah daftar video rekomendasi di urutan paling bawah.

Beberapa opsi uji coba tampilan kolom komentar di YouTube
XDADevelopers

Beberapa opsi uji coba tampilan kolom komentar di YouTube

Mekanisme menyembunyikan komentar tengah diuji coba di YouTube kawasan India, sebagaimana dikabarkan dari The Verge. Keberadaan eksperiman tersebut juga sudah dibenarkan oleh pihak YouTube lewat sebuah pernyataan.

Dengan demikian, ada kemungkinan YouTube nanti memang akan menyembunyikan komentar secara default dari mata penonton. Namun, kepastian soal hal ini belum bisa diberikan.

Baca Juga: Asus Resmi Luncurkan Ultrabook 14 inci Tertipis dan Terkecil di Dunia

"Kami sedang menguji coba beberapa opsi berbeda tentang bagaimana menampilkan komentar di halaman video," ujar juru bicara YouTube.

"Ini (menyembunyikan komentar) adalah salah satu dari serangkaian uji coba yang selalu kami lakukan di YouTube. Kami akan pertimbangkan untuk menggulirkan secara lebih meluas berdasarkan feedback yang didapat," katanya lagi. (*)

Source : Kompas.com, The Verge

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest