Follow Us

Jadi Favorit Semua Orang, Penelitian Sebut Daging Ayam Penyebar Wabah Penyakit

Bayu Galih Permana - Sabtu, 22 Juni 2019 | 16:30
Ilustrasi daging ayam
Pixabay/1032132

Ilustrasi daging ayam

HAI-Online.com - Selama ini menjadi makanan favorit bagi semua orang karena selalu enak saat dimasak dengan cara apapun, daging ayam ternyata menjadi salah satu penyebar wabah penyakit tertinggi apabila dibandingkan bahan lain.

Seperti yang dilansir dari Mens Health, fakta mengenai daging ayam yang jadi salah satu penyebar wabah penyakit ini sendiri terungkap dalam penelitian terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention.

Dalam keterangannya, CDC menuturkan pihaknya menemukan fakta bahwa makanan dapat menularkan wabah penyakit ketika mendapati dua orang terkena penyakit sama dari makanan yang biasa dikonsumsi.

CDC sendiri melakukan penelitian ini sejak tahun 2009 hingga 2015, di mana dari sebanyak 5.769 makanan yang mereka teliti, ternyata memicu 100.939 penyakit, bahkan 5.699 penderita terpaksa harus dirawat di rumah sakit, dan 145 orang dinyatakan meninggal.

Baca Juga: 6 Kuliner Lezat Khas Jepang yang Bisa Lo Nikmati di Ennichisai 2019

Dari 5.699 penderita, secara mengejutkan 3.114 orang di antaranya menderita sakit dan harus mendapatkan perawatan karena dipicu daging ayam yang mereka konsumsi.

Menurut direktur Food Policy Institute di Federasi Konsumen Amerika, Thomas Gremillion, ayam adalah salah satu bahan makanan yang menjadi gudang bakteri salmonella.

Salmonella sendiri merupakan bakteri penyebab sejumlah gangguan kesehatan mulai dari diare, demam, dan bahkan kram selama 12 hingga 72 jam, setelah seseorang mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Untuk mengatasi masalah itu, Department of Health & Human Service Amerika Serikat berbagi sejumlah tips untuk terhindar dari ancaman bakteri salmonella, di antaranya:

  • Memastikan daging ayam atau telur dimasak dengan benar-benar matang
  • Mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh makanan
  • Memastikan permukaan yang digunakan untuk menyiapkan makanan benar-benar bersih sebelum dipakai
  • Menghindari memakai peralatan yang sama untuk makanan mentah dan matang
  • Menggunakan termometer daging untuk memasak makanan dengan suhu internal yang aman
Jadi intinya sob, jangan males untuk memperhatikan kebersihan dari makanan yang kalian makan apabila ingin terhindar dari penyakit. Setuju? (*)

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular