Follow Us

Bukan Cuma Buat Keren-Kerenan, Spoiler di Mobil Ada Fungsinya Juga

Ricky Nugraha - Kamis, 20 Juni 2019 | 12:30
Fungsi spoiler pada mobil
Pixabay/emkanicepic

Fungsi spoiler pada mobil

HAI-online.com - Buat yang suka nonton film-film action seperti di franchise Fast & Furious dan sejenisnya pasti sering nemuin mobil-mobil kerena yang dilengkapi dengan spoiler di bagian belakangnya.

Spoiler cukup sering ditemukan menempel pada mobil-mobil bertipe sedan, hatchback, atau bahkan minibus.

Namun, mungkin masih banyak orang yang mengira bahwa fungsi spoiler cuma bikin tampilan mobil jadi lebih keren. Padahal, spoiler punya fungsi lain yang cukup penting.

"Spoiler itu pastinya menambah keren sebuah mobil. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan performa, karena lebih aerodinamis," ujar Kiki Anugraha, founder Karma Body Kit, kepada Kompas.com.

Baca Juga: Tips Mengatasi Rem Skutik yang Mendadak Blong Ketika Berkendara

Spoiler mampu mengurangi gejala melayang saat berkendara pada mobil yang cukup ringan. Perangkat aerodinamis ini mampu memberi gaya tekan melalui aliran udara yang mengalir di atap mobil.

Selain menambah tekanan bawah saat melaju kencang, spoiler juga mampu meningkatkan pengendalian mobil. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya efek aerodinamis yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan.

"Saat melaju pada kecepatan tinggi, lekukan-lekukan yang ada pada spoiler juga bisa memberikan kestabilan pada mobil," kata Kiki.

Spoiler biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Untuk mobil sedan, biasanya spoiler ditempelkan di atas pintu bagasi.

Baca Juga: Cuma Sepele, Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Ban Motor Cepet Benjol

Sedangkan untuk mobil hatchback yang nggak punya bagasi belakang, maka spoiler diletakkan di atap belakang atau berada tepat di atas kaca belakang.Pada mobil jenis hatchback, spoiler juga bisa menangkis kotoran di kaca belakang, seperti debu dan air hujan. Hal ini dikarenakan adanya turbulensi udara di area tersebut.

Saat menambahkan spoiler pada mobil, sebaiknya diperhatikan pemasangannya. Jangan sampai spoiler terlepas saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi, karena bisa membuat pengendara lain kecelakaan.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest