Follow Us

Penasaran Nggak Sih Kenapa Ban Umumnya Berwarna Hitam?

Ricky Nugraha - Senin, 17 Juni 2019 | 20:50
Ilustrasi
Pixabay/Pexels

Ilustrasi

HAI-online.com - Ban, baik itu untuk motor, mobil, dan alat transportasi lain, pada umumnya memiliki warna hitam. Nah, kalian penasaran nggak sih kenapa warnanya hitam, bukan merah, kuning, atau pink?

Warna hitam pada ban muncul karena karet yang berwarna putih dicampur dengan berbagai bahan lain termasuk karbon hitam.

Menurut Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head ban FDR, karbon hitam ditambahkan dalam proses pembuatan sebagai pengisi pengembang agar karet ban mendapat volume yang sesuai."Karbon hitam ditambahkan sebagai filler pengisi volume pada ban, kenapa tidak warna lain, karena sat ini carbon black paling mudah didapatkan dibandingkan yang lain," kata Jimmy saat dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Tips Mengatasi Rem Skutik yang Mendadak Blong Ketika Berkendara

Meski saat ini mayoritas ban berwarna hitam, namun di awal penemuannya ban berwarna putih karena mengunakan karet murni.

Ban warna hitam mulai tenar setelah produsen mulai menambahkan karbon hitam di penhujung Perang Dunia 1.

Selain sebagai pengisi, di awal penemuannya karbon hitam ditambahkan untuk memperkuat daya tahan ban. Setelah diteliti, senyawa karet yang ditambahkan karbon hitam disebut mempunyai umur pakai yang lebih lama.Menurut Jack Koenig dalam bukunya "Spectroscopy of Polymers," ban tanpa karbon hitam mempunyai umur lebih pendek ketimbang yang ditambahkan karbon hitam. Perbedaan kekuatannya bahkan mencapai 5.000 mil.

Baca Juga: Cuma Sepele, Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Ban Motor Cepet Benjol

Meski begitu, Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire nggak menyebut secara eksplisit dampak penggunaan karbon hitam, dia hanya menyebut karbon hitam hanya salah satu faktor yang membuat ban jadi hitam.

"Apa tujuan penggunaan dan apa kelebihan black carbon, wah itu lebih rahasia dapur hahaha. Hanya saja ban kelihatan hitam setelah dicampur juga dengan bahan kimia lainnya seperti termasuk oil," kata Dodi. (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Ban Berwarna Hitam?"

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest