Follow Us

5 Pelatih Sepak Bola Sukses yang Dulunya Ternyata Pesepakbola Culun

Alvin Bahar - Sabtu, 15 Juni 2019 | 14:00
Sir Alex Ferguson saat menjadi pemain dan pelatih.
Wikimedia

Sir Alex Ferguson saat menjadi pemain dan pelatih.

HAI-Online.com - Suksesnya sebuah klub sepakbola pastinya dipengaruhi berbagai faktor. Selain dari pembelian pemain, tentunya juga dipengaruhi pelatih. Karena udah cinta mati sama sepakbola tapi usia yang nggak memungkin buat terus merumput, bikin beberapa pemain memutuskan buat jadi pelatih.

Hal itu memang lazim di dunia sepakbola. Tapi jangan kira karier mereka yang cemerlang sebagai pelatih secemerlang waktu masih jadi pemain. HAI melansir dari berbagai sumber, ini dia 5 pelatih sepakbola yang waktu jadi pemain malah 'cupu'. Cekidot!

Baca Juga: Hazard Hati-hati, 5 Pemain Bola ini Nyesel Pernah ke Real Madrid

1. Jose Mourinho

Jose Mourinho dan Rey Mysterio
twitter.com/ManUtd

Jose Mourinho dan Rey Mysterio

Pelatih berkebangsaan Portugal ini ternyata nggak punya 'jam terbang' tinggi waktu jadi pemain. Mou cuma bisa mengoleksi kurang dari 100 laga dan cuma menorehkan 13 gol. Lucunya lagi, The Special One hanya pernah berkarir di klub yang asing di dunia sepakbola. Antara lain Belenenses, Sesimbra, dan Comercio e Industria.

Saat ini pria yang pernah menukangi MU udah mengoleksi sederet gelar seperti 3 trofi Liga Primer Inggris, 1 trofi Piala FA, 4 trofi Piala Liga Inggris, 3 trofi La Liga Spanyol, 3 trofi Copa del Rey, 2 trofi Piala Super Spanyol, 2 trofi scudetto,1 trofi Coppa Italia, 1 trofi Piala Super Italia, 2 trofi Liga Portugal, 2 trofi Piala Portugal, dan 1 trofi Piala Super Portugal. Belum lagi, 2 trofi Liga Champions, 1 trofi Piala UEFA, 1 trofi Liga Europa, dan 1 trofi Piala Super Eropa untuk prestasi antaklub Eropa. Banyak, bos!

Ternyata Mou mengikuti jejak sang ayah yang juga manajer sepak bola. Nggak cuma meminta ilmu ayahnya, doi juga pernah kuliah di Technical University of Lisbon dengan bidang studi Sport Science. Gokil!

2. Arsene Wenger

Arsene Wenger
Instagram / Arsenal

Arsene Wenger

Pernah memiliki catatan apik sebagai pelatih Arsenal ternyata nggak berbanding lurus waktu jadi pemain, guys. Mengawali karir kepelatihan sebagai pelatih klub Nancy, Wenger cuma pernah berkarir di tim-tim kecil di Prancis.

Pada tahun 1981, Wenger pernah mengambil gelar diploma di bidang kepelatihan sepakbola. Karir suksesnya, dimulai ketika menangani AS Monaco. Doi pernah ngebawa Monaco juara Ligue 1 (1987/88) dan Coupe de France (1990/1991).

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest