Follow Us

Viral Video Cewek Bersihin Lensa Kontak Pakai Ludah, Dokter Jelaskan Dampak Mengerikan yang Bakal Terjadi

Bayu Galih Permana - Jumat, 24 Mei 2019 | 13:30
Viral video cewek bersihkan lensa kontak menggunakan air ludah
TikTok - Twitter / tapibo0nk

Viral video cewek bersihkan lensa kontak menggunakan air ludah

HAI-Online.com - Beberapa hari terakhir, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan video unggahan akun Twitter @tapibo0nk yang diambil dari TikTok, soal tindakan seorang cewek yang membersihkan lensa kontak menggunakan ludah.

Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, terlihat cewek tersebut mengambil lensa kontak yang dibersihkan dengan ludah di lidah, sebelum akhirnya dipasang pada mata kirinya.

Sontak, video yang hingga kini udah ditonton lebih dari 193 kali tersebut langsung mengundang perhatian dan beragam komentar dari sobat Twitter, salah satunya seorang dokter mata dengan akun @ferdiriva.

Melalui foto yang diunggah pada Rabu lalu (22/5), @ferdiriva menunjukkan bahaya apabila orang nekat menggunakan air ludah untuk membersihkan ataupun lubrikasi lensa kontak.

Baca Juga: Cerita Unik Wartawan Australia yang Liput Kerusuhan 22 Mei, Sempat Ditawari Sepatu Rp 100 Ribuan

"Ini yang akan terjadi jika Anda menggunakan ludah untuk lubrikasi lensa kontak," tulis @ferdiriva sambil menyematkan sebuah foto.

Lebih lanjut, @ferdiriva menjelaskan bahwa penggunaan ludah untuk membersihkan lensa kontak bisa membuat kornea mata cacat permanen, bahkan akan tetap sulit diobati meskipun memakai cara transplantasi kornea sekalipun.

"Itu kornea mata bisa cacat permanen dan pengobatannya sulit termasuk transplantasi kornea yang belum tentu berhasil juga," tambahnya, sambil menambahkan bahwa hal itu juga bisa terjadi kalau pengguna memakai air biasa untuk membersihkan lensa kontak.

Gimana, ngeri banget kan sob? Jadi buat kalian yang pada pake lensa kontak, jangan lupa buat selalu membersihkan dengan cairan khusus pembersih soft lens. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest