Follow Us

4 Tips dan Trik Agar Selamat Saat Ada Aksi Demo Besar-besaran

Fadli Adzani - Rabu, 22 Mei 2019 | 10:40
Para peserta aksi menolak hasil pemilu berdemonstrasi di depan kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Aksi pendukukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menolak hasil Pemilu yang diumumkan KPU RI.  KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO (RON) 21-05-2019
Kompas Nasional

Para peserta aksi menolak hasil pemilu berdemonstrasi di depan kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Aksi pendukukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menolak hasil Pemilu yang diumumkan KPU RI. KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO (RON) 21-05-2019

HAI-ONLINE.COM - Para peserta aksi menolak hasil pemilu berdemonstrasi di depan kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Apa yang harus kita lakukan ketika terjadi demo besar seperti ini?

Aksi demo biasanya dilakukan saat masyarakat nggak setuju dengan kebijakan atau keputusan yang dikeluarkan sebuah pihak.

Banyak kasus di mana sebuah negara mengeluarkan kebijakan dan keputusan di mana masyarakatnya nggak setuju. Alhasil, mereka turun ke jalan dan melakukan aksi demonstrasi.

Baca Juga: Live Streaming Kompas TV Terkait Situasi Terkini Aksi Massa 22 Mei

Buat kalian yang takut akan adanya demo ketika sedang keluar rumah, HAI punya tips buat kamu agar bisa selamat saat ada aksi demo besar-besaran yang sudah HAI sadur dari situs World Nomads:

1. Jauhi Kerumunan

Saat kamu sedang melakukan perjalanan dan ada aksi demo besar-besaran di depan kamu, sebaiknya kamu langsung menjauh dan cari jalan lain.

Kalau kamu sudah terlanjur atau secara tiba-tiba berada di dalam kerumunan demo, sebaiknya jauhi orator agar kamu tidak dianggap sebagai pendemo juga.

2. Cari Gedung

Di saat sedang ada aksi demo besar-besaran dan kamu ingin menghindarinya, langsung cari gedung di mana kamu bisa masuk ke dalamnya.

Kamu bisa menunggu sampai kerumunan para pendemo selesai melakukan unjuk rasanya, setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan.

3. Jangan Lari Saat Keluar dari Kerumunan

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest