Follow Us

Resmi Diperkenalkan, Ini Sejumlah Fitur yang ada di Android Q

Dio Firdaus - Rabu, 08 Mei 2019 | 14:55
Android Q
Android Authority

Android Q

HAI-online.com - Bukan Google I/O namanya kalau nggak mengenalkan OS terbaru Android yang setiap tahunnya memiliki versi baru. Ajang tahunan Google kali ini digelar di Shoreline Amphiteater, California, Amerika Serita. Meskipun belum final, namun Google sudah memastikan serangkaian fitur yang akan hadir di Android Q.Karena belum final, nama dari inisial Q pun belum terjawab. Ntah makanan manis apalagi yang akan digunakan Google tahun ini.

Baca Juga : Kenapa Scene Kathrine Langford Dipotong dari Film Avengers: Endgame

Menurut Stephanie Cuthberston, perwakilan Google yang memperkenalkan Android Q di panggung Google I/O, Android Q nantinya akan menduung sejumlah fitur baru yang akan sangat berguna untuk smartphone keluaran tahun ini. Mau tau apa aja fiturnya? Ini dia nih beragam fitur Android Q yang HAI rangkum dari KompasTekno.Dukungan layar lipat Menurut Stephanie, ponsel layar lipat alias foldable phone adalah produk yang sangat berbeda dari smartphone lain. Ponsel layar lipat, menurutnya membutuhkan sistem operasi khusus yang dapat mendukung pengoperasian ponsel ini. Oleh karena itu, Android Q dirancang agar dapat digunakan dengan optimal pada foldable phone. "Foldable phone adalah jenis yang berbeda. Ponsel ini bagus untuk multi-tasking dan dapat bekerja dengan ukuran layar kecil dan besar. Android Q akan mendukung kemampuan foldable phone ini," ungkap Stephanie. Dukungan 5G Selain dukungan untuk ponsel layar lipat, Android Q juga akan mendukung kemampuan jaringan 5G. Menurut Stephanie, saat ini jaringan 5G mulai dikembangkan dengan masif dan akan menjadi tren baru di masa mendatang.

Baca Juga : Polaroid Rilis Kamera Khusus untuk Sambut Stranger Things Season 3Live Caption Salah satu fitur baru yang dimiliki Android Q adalah Live Caption. Fitur ini mampu mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung. Live Caption sejatinya mirip seperti subtitle dalam film, namun caption tersebut dibuat secara live berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video. Smart Reply Smart Reply dapat memudahkan pengguna membalas pesan yang diterima. Fitur ini akan memunculkan prediksi kata yang akan diketik, sehingga pengguna hanya tinggal menyentuh prediksi tersebut tanpa perlu mengetik. Dark Theme Salah satu fitur yang dinanti oleh pengguna Android akhirnya tiba di Android Q. FItur dark theme alias tampilan gelap dipastikan hadir pada OS Android versi terbaru ini. Pengguna tinggal klik ikon penghemat baterai untuk mengaktifkannya.

Baca Juga : Gol Penentu Liverpool Mirip Adegan Film Komedi Pas Lawan Barcelona Semalem!Dengan adanya fitur tampilan gelap, baterai ponsel diklaim akan menjadi lebih irit. Mata pengguna juga diklaim nggak akan sakit ketika menggunakan ponsel dalam waktu lama. Privacy Setting Android Q juga membawa fitur keamanan terbaru yang memudahkan pengguna mengatur keamanan ponsel, serta mengamankan data pribadi.Melalui menu Privacy Setting baru, pengguna dapat membatasi segala aktivitas aplikasi yang menyedot data pengguna, seperti misalnya lokasi, riwayat penelusuran web, preferensi, dll. Focus Mode Fitur ini memungkinkan pengguna memblokir aplikasi tertentu yang dapat mengganggu konsentrasi. Misalnya aplikasi e-mail, pesan instan, hingga media sosial. Dengan fitur ini, pengguna diharapkan akan dapat fokus ketika mengerjakan sesuatu, menggunakan smartphone-nya tanpa terganggu oleh notifikasi aplikasi lain. Parental Control Google juga menyediakan fitur khusus bagi orangtua yang ingin mengontrol penggunaan smartphone oleh anaknya. Dengan fitur ini, orangtua dapat melihat apa saja aplikasi yang rutin digunakan putra-putri mereka, sekaligus membatasi waktu penggunaan aplikasi tersebut.Diantara semua fitur di atas, mana fitur yang kamu tunggu-tunggu banget? (*)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Android Q Resmi Dikenalkan, Ini Fitur-fiturnya"

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest