Follow Us

Ngeri, Begini Nasib Bumi Apabila Black Hole Berada di Posisi Bulan

Bayu Galih Permana - Senin, 15 April 2019 | 18:00
Foto pertama dari Black Hole
EHT

Foto pertama dari Black Hole

HAI-Online.com - Seperti yang udah HAI beritain sebelumnya, Event Horizon Telescope (EHT) baru saja memamerkan dari foto lubang hitam, atau lebih kita kenal dengan sebutan black hole, yang berada sejauh 55 juta tahun cahaya, pada Rabu lalu (10/4).

Meskipun terbilang sangat sangat sangat jauh, pada pernah bayangin nggak sih gimana jadinya kehidupan di tata surya kita, khususnya bumi, kalau black hole berada tepat di posisi bulan saat ini?

Menurut keterangan dari seorang astronom amatir bernama Marufin Sudibyo, lubang hitam yang memiliki masa minimal tiga kali lipat matahari dan maksimal 20 kilometer bisa menghancurkan benda-benda dengan jarak 6 juta kilometer di depannya.

"Lubang hitam memiliki massa minimal 3-5 kali lipat massa Matahari, dengan diameter sekitar 10-20 km saja.Secara teoritis, benda yang ada di sekitar lubang hitam dengan jarak 6 juta km akan hancur akibat gaya pasang surut gravitasi," ujar Marufin seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga : Monty Tiwa Bocorkan Alasan Film Pocong (2006) yang Terlalu Sadis Sampai Dilarang Tayang

Lebih lanjut, Marufin menjelaskan bahwa nggak cuma bumi yang akan lenyap apabila black hole supermasif seperti Messier 87 berada di posisi bulan, melainkan seluruh benda di tata surya kita akan ikut menghilang.

"Segenap tata surya kita akan lenyap," jelas Marufin.

Selain itu, makhluk hidup yang tinggal di bumi nantinya akan tercabik-cabik menjadi partikel elementer berupa kuark dan juga elektron sebelum akhirnya dimampatkan ke dalam ruangan yang sangat sempit.

"Jika pusat lubang hitam supermasif ini berada di posisi Bulan, maka Bumi dan penghuninya akan tercabik-cabik menjadi partikel paling elementer berupa kuark dan elektron. Semuanya lantas dimampatkan dalam ruang sangat sempit," terangnya lebih lanjut.

Hmm, ngeri juga nih sob! Ya semoga aja black hole-nya nggak pindah ke posisi bulan saat ini ya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest