Follow Us

Bukan White Power, Simbol 'OK' Brenton Tarrant Teroris Masjid Selandia Baru Hanya Meme?

Bayu Galih Permana - Kamis, 21 Maret 2019 | 12:58
Brenton Tarrant mempertontonkan simbol 'OK' saat menghadiri persidangan.
Mirror

Brenton Tarrant mempertontonkan simbol 'OK' saat menghadiri persidangan.

HAI-Online.com - Salah satu pelaku teror penembakan dua masjid di kota Christchurch, Brenton Tarrant sempat membuat simbol 'OK' menggunakan tangan kanannya ketika menghadiri persidangan.

Kalau sebelumnya simbol tersebut dikaitkan dengan White Power atau biasanya sering disebut supremasi kulit putih, kali ini gerakan tangan Brenton Tarrant dihubung-hubungkan pada meme Circle Game.

Nggak heran, karena Brenton aktif di internet bahkan menyebut "meme" di manifestonya. Ia disinyalir aktif di forum online 8chan. Sebelum beraksi, Brenton mengajak orang-orang untuk subscribe kanal YouTube PewDiePie, yang menandakan dirinya memang paham dengan kultur dunia maya.

Lalu, apa sih Circle Game itu sendiri?

Dikutip HAI dari Know Your Meme, Circle Game merupakan permainan berbasis motorik dan juga trik, yang dulunya sempat populer di Amerika Serikat pada sekitar tahun 1980-an, di mana pelakunya harus membuat simbol lingkaran 'OK' terbalik.

Baca Juga : Pasca Teror di Selandia Baru, MUI Jabar Pertimbangkan Fatwa Haram PUBG

Tujuan dari trik ini sendiri sebenarnya sangat simpel, yaitu untuk menarik perhatian teman supaya melihat tangan pelaku, dan mereka yang melihat simbol 'OK' tersebut nantinya bakalan mendapat pukulan karena dianggap kalah.

Circle Game berevolusi menjadi meme di dunia maya, lewat gambar-gambar yang dipenuhi "OK" tak terduga.

Mengingat Brenton yang paham dengan seluk beluk dunia meme, bisa jadi gestur tersebut punya satu atau lebih makna: White power dan Circle Game.

Berikut sejumlah meme terkait Circle Game:

1.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest