Follow Us

Pengumuman SNMPTN 2019 Dipercepat Sehari. Ini Alasannya

Syifa - Senin, 18 Maret 2019 | 17:26
Logo SNMPTN
SNMPTN

Logo SNMPTN

HAI-Online.com - Jadwal pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 baru aja dipercepat, sob. Kalau awalnya pengumuman akan dilakukan pada 23 Maret 2019, sekarang jadi Jumat, 22 Maret 2019 mulai jam 4 sore.

Melalui pengumuman resmi yang disampaikan Ketua Pelaksana Eksekutif Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Budi Prasetyo, hal ini disebabkan oleh proses seleksi yang udah beres lebih awal dari jadwal. Selain itu, ini juga memberikan kesempatan bagi siswa yang nggak lulus seleksi untuk bisa mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer di gelombang pertama.

Dilansir dari Kompas.com, Prof. Ravik Karsidi Ketua LTMPT bilang kalau jumlah siswa yang layak untuk mendaftar di SNMPTN tahun ini sebanyak 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya layak bisa mendaftar ada 14.744 sekolah.

Baca Juga : Katanya Mahal, Emang Berapa sih Biaya Pelaksanaan Ujian Nasional?

Pemeringkatan

Kata Prof. Ravik, pemeringkatan dan kelayakan siswa ini dilakukan untuk setiap sekolah per jurusan yang udah didaftarin di PDSS 2019. Dasarnya adalah isian data nilai sekolah yang udah diverifikasi siswa. Nilai-nilai yang dipakai pun nggak semuanya, hanya beberapa aja sesuai jurusan. Berikut sistematika yang lebih jelasnya:

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi
  3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing
  4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan)
Buat lo yang ikutan SNMPTN, siap-siap ya bro nungguin pengumumannya. Stay aja di laman SNMPTN dan laman miror yang ada. Jaga-jaga traffic penuh dan lo susah untuk ngaksesnya, mending lo nunggu aja agak maleman bukanya. Iyasih bikin deg-degan, tapi seenggaknya nggak saingan sama jutaan orang lainnya buka web yang sama, hehehe.

Semangat ya, semoga beruntung!

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest