Follow Us

Bukan karena Licin, Ini Alasan Kenapa Ban Motor Jangan Terkena Sabun Saat Dicuci

Bayu Galih Permana - Sabtu, 09 Maret 2019 | 17:00
Ilustrasi membersihkan ban motor
iStockphoto

Ilustrasi membersihkan ban motor

HAI-Online.com - Seolah sudah menjadi kebiasaan, hampir semua orang membersihkan seluruh sisi motor dengan menggunakan sabun ketika mencuci tunggangan kesayangannya, salah satunya pada bagian ban.

Padahal, kebiasaan mencuci ban motor dengan sabun yang selama ini kita lakukan ternyata mengakibatkan sejumlah dampak negatif lho sob.

Menurut Abu Saghara selaku pemilik Ganggeng Ban Moge di daerah Jakarta Utara, mencuci ban dengan menggunakan sabun bisa memperpendek umur ban sekaligus membuatnya menjadi lebih keras dari sebelumnya.

"Memang tidak disarankan mencuci ban pakai sabun. Karena ban jadi cepat keras dan umurnya pendek. Kalau ban jadi keras tentu daya cengkram ke aspal jadi berkurang" ujar Abu seperti yang dikutip HAI dari GridOto.

Baca Juga : Kalau Nggak Mau Kecelakaan, Jangan Dengerin 10 Lagu Ini Waktu Nyetir

Lebih lanjut, Abu sendiri menyarankan orang-orang untuk mencuci ban sepeda motor miliknya hanya dengan menggunakan air bersih saja, tanpa ditambahkan sabun.

"Kalau terkena sabun, sebaiknya langsung bilas saja dengan air bersih. Kalau terlihat kotor atau misalnya habis turing bersihkan saja dengan air mengalir lalu keringkan," terangnya memberikan tips untuk mencuci ban.

Selain itu, Abu juga mengklaim bahwa cara tersebut mampu membuat ban motor menjadi lebih awet, ketimbang saat dicuci dengan menggunakan sabun.

"Mencuci dengan air bersih bisa membuat ban lebih awet ketimbang dicuci pakai sabun," tutupnya.

Jadi, itu dia sob cara mencuci ban motor yang benar! Kalau kalian sendiri gimana nih, biasanya juga suka ngebersih ban pake sabun nggak kalau pas lagi nyuci motor? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest