Follow Us

Kalau Nggak Mau Kecelakaan, Jangan Dengerin 10 Lagu Ini Waktu Nyetir

Alvin Bahar - Sabtu, 09 Maret 2019 | 14:30
Ilustrasi berkendara
iStockphoto

Ilustrasi berkendara

HAI-Online.com - Kalau lagi berkendara, rasanya garing kalau nggak sambil dengerin musik. Ya nggak? Menurut beberapa penelitian, lagu yang diputar bakal ngaruh ke mood, apalagi sambil bawa kendaraan. Tapi, ada beberapa lagu yang jangan didengerin deh kalau lagi nyetir.

Dilansir dari Confused.com, ada 10 lagu yang pantang didengerin kalau nggak mau kecelakaan. Hah, kok, bisa? Nanti bakal dijelasin, coba cek dulu daftar lagunya, guys.

1. Hey Mama – The Black Eyed Peas 2. Dead on Arrival – Fall Out Boy 3. Paper Planes – M.I.A 4. Walkie Talkie Man – Steriogram 5. Paradise City - Guns N’ Roses 6. How You Remind Me – Nickelback 7. Hit the Road, Jack – Ray Charles 8. Get Rhythm – Johnny Cash 9. Heartless – Kanye West 10. Young, Wild and Free – Snoop Dogg & Wiz Khalifa (feat. Bruno Mars)

BACA JUGA : 5 Band Paling Penting untuk Scene Emo di Indonesia!

Hey Mama yang sempet hits pada 2004 silam dari Black Eyed Peas jadi juara pertama lagu yang bisa bikin kecelakaan.

Dipilihnya 10 lagu itu bukan tanpa alasan, lho. Sebelumnya, udah dilakukan eksperimen terhadap 8 peserta (4 cewek dan 4 cowok) yang diminta menyetir sejauh 500 mil (sekitar 805 km).

Pada 250 mil pertama, para peserta mengendarai mobil tanpa musik. Dan 250 mil kedua dengan musik. Melalui aplikasi MotorMate, Confused.com nemuin reaksi dan perbedaan mood nyetir saat membawa kendaraan tanpa musik dan dengerin musik.

Salah satu peserta wanita yang didengerin musik hip hop lebih agresif pas nyetir dibanding peserta lain. Bahkan pada menit-menit akhir, doi sempat melakukan akselerasi yang cukup berbahaya.

Hal yang senada juga terjadi pada salah satu driver cowok yang diperdengarkan musik heavy metal. Ia mengendarai dengan kecepatan yang lebih cepat dibanding driver lainnya.

Mungkin kita bakalan mikir kalau musik klasik bisa bikin tenang waktu nyetir. Baik pengendara cewek atau pun cowok yang diperdengarkan musik klasik, malahan nyetir dengan kecepatan yang nggak konsisten. Which is itu bahaya, guys.

Rekaman dari eksperimen itu kemudian di-review oleh psikolog London University Dr. Simon Moore. Kemudian Dr. Simon mengidentifikasi jenis musik yang bisa berbahaya kalau didengerin sambil nyetir, guys.

"Musik yang cenderung ramai, ceria, dan yang meningkatkan detak jantung bisa berbahaya buat keselamatan berkendara," ujar Dr. Simon.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest