Follow Us

Joko Anwar: RUU Permusikan Adalah Pengkhianatan Atas Perbaikan Kemanusiaan

Alvin Bahar - Rabu, 06 Februari 2019 | 14:00
Joko Anwar
Dok. HAI

Joko Anwar

HAI-ONLINE.COM - RUU Permusikan nggak hanya ditolak oleh pelaku musik saja. Joko Anwar, salah seorang sutradara Indonesia, turut menolak RUU Permusikan.Sutradara film Gundala tersebut menilai, RUU Permusikan bakal membatasi kreativitas musisi dalam menggarap musik.“Musik, sebagaimana halnya dengan bentuk seni lain, berfungsi sebagau pembuka pikiran dan agen kemajuan peradaban,” katanya, dikutip dari akun Instagram @koalisinasionaltolakruup.“Undang-undang yang memiliki potensi untuk membatasi penciptaannya, adalah pengkhianatan atas perbaikan kemanusiaan,” lanjutnya.

Baca Juga : Stevi Item: RUU Permusikan Lebih Baik Ditolak Daripada DirevisiSelain Joko, total ada 267 pelaku musik lain yang menolak RUU Permusikan,Mereka tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan (KNTL RUUP).

Mereka menemukan setidaknya 19 Pasal yang bermasalah. Mulai dari pasal 4, 5, 7, 10, 11, 12, 13, 15, 18, 19, 20, 21, 31, 32, 33, 42, 49, 50, 51, dan masih banyak lagi.

Koalisi tersebut manyatakan, kesalahan-kesalahan ini menunjukkan kekurangpahaman para penyusun naskah RUU Permusikan tentang keanekaragaman potensi dan tantangan yang ada di dunia musik.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular