Follow Us

Biar Terhindar Bencana Tsunami, Cek 5 Aplikasi Berfaedah Soal Gempa yang Terjadi!

Al Sobry - Minggu, 23 Desember 2018 | 12:53
Ombak kecil
BeautifulNow

Ombak kecil

HAI-Online.com – Gelombang tsunami akibat longsor bawah laut di perairan Selat Sunda telah merenggut keselamatan ratusan korbannya pada Sabtu (22/12/2018) malam.

Sejauh ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memberikan peringatan terbarunya terkait adanya potensi tsunami susulan yang masih diperkirakan bakal terjadi. Selain dari sirine tsunami yang dibunyikan bagi warga yang dekat dengan lokasi kejadian, sebenarnya ada beberapa peringatan dini lain yang bisa kita dapatkan langsung untuk memberi tanda adanya gempa.

Baca Juga : Sirine Peringatan Tsunami di Anyer Bunyi Lagi, Warga Dihimbau Menjauhi Pantai!

Aplikasi ini saat bermanfaat bagi kita, apalagi Indonesia sering kali diguncang gempa dan bencana alam lain seperti letusan gunung merapi. Lantaran posisi kita berada di Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, Indonesia berada di jalur gempa teraktif di dunia dan berada di tiga tumbukan lempeng benua yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Nggak bisa dipungkiri, setiap kita nggak tahu kapan bencana alam bakal terjadi, belum ada peneliti yang mampu memprediksi kapan gempa atau tsunami bakal datang menghampiri. Namun ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa ada beberapa aplikasi yang bisa membantu memberikan informasi penting dan aktual saat bencana terjadi. 1. Disaster Alert Aplikasi ini dikembangkan oleh Pasific Disaster Centre (PDC) di Hawaii. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melacak peta bencana alam yang sedang terjadi saat ini, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, badai, longsor, banjir dan kebakaran hutan.

Disaster Alert

Disaster Alert

Bahkan, aplikasi ini bisa melacak pesebaran wabah suatu virus. Didukung oleh platform DisasterAWARE besutan PDC, disaster Alert akan memberikan notifikasi berdasarkan GPS.

Pengguna juga bisa melihat detail lain seperti informasi lebih lanjut tentang lokasi mana saja yang berbahaya.

Aplikasi ini bisa diunduh pengguna iOS di iTunes melalui tautan ini dan untuk pengguna Android bisa mengunduh di tautan berikut!

2. Info BMKG dan notifikasi gempanya!

Info BMKG adalah aplikasi resmi yang diluncurkan oleh BMKG. Ada beberapa fitur yang disediakan seperti notifikasi gempa bumi, peringatan dini cuaca, dan info aktual seputar BMKG.

Pengguna juga bisa dapat informasi seputar prakiraan cuaca berdasarkan lokasi. Untuk informasi gempa bumi, hanya gempa bermagnitudo di atas 5 skala richter saja yang akan muncul sebagai notifikasi, dilengkapi dengan jarak epicentrum ke lokasi pengguna.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest