Follow Us

Ternyata 5 Hal Ini yang Bikin Harga Motor MotoGP Mahal Bener

Agung Mustika - Kamis, 06 Desember 2018 | 17:30
Ini Penyebab Rossi Terpuruk di Aragon
MotoGPweek

Ini Penyebab Rossi Terpuruk di Aragon

HAI-Online.com - Bikin motor yang dikhususkan buat kompetisi emang butuh dana yang nggak sedikit.

Banyak juga pabrikan motor terkenal yang nggak mau nurunin tim ke MotoGP saking mahalnya kebutuhan buat bikin motor balapan.

Misalnya saja Kawasaki yang selama beberapa tahun terakhir menguasai World Superbike tapi nggak berani lagi ikutan MotoGP.

Apa, sih, yang bikin built motor MotoGP mahal banget? Dilansir dari USA Today dan Gridoto.com, ini 5 hal yang bikin banyak pabrikan motor nurunin tim di MotoGP.

Baca Juga : 'Adegan Action Keren, Akting Bagus!' Ini Beberapa Review Pertama dari Film Aquaman

1. Motor Prototype

Motor Prototype
USA Today

Motor Prototype

Motor MotoGP pakai mesin prototipe yang dibuat menggunakan teknologi paling mutakhir di dunia industri motor.

Inilah satu hal yang membuat MotoGP berbeda dengan ajang balap motor lain.

Ajang balap lain biasanya pake motor yang diproduksi massal yang udah dimodifikasi buat balapan.

Mesin yang diproduksi dibuat satu persatu dengan sangat matang, tentunya butuh banyak datang.

2. Part yang langka

Part yang langka
USA Today

Part yang langka

Part-part motor yang digunakan di MotoGP termasuk part yang langka dan hanya digunakan untuk motor prototipe ini.

Produsen part motor MotoGP secara khusus bikin part tertentu cuma buat motor MotoGP itu aja, beda dengan motor sport biasa yang emang diproduksi banyak.

Semakin langka, pastinya semakin mahal.

3. Material yang mahal

Sensor Motor yang nggak ada motor biasa
USA Today

Sensor Motor yang nggak ada motor biasa

Untuk menjaga motor prototipe MotoGP tetap kuat, eksotis, dan mewah seperti itu, material berbahan terbaik pasti diperluin buat bikin motor MotoGP.

Misalnya material titanium, magnesium, dan serat karbon yang dipasang di fairing, sasis, dan komponen lainnya.

Kalo fairing motor MotoGP menggunakan serat karbon, berbeda dengan motor sport biasa yang menggunakan plastik ABS sebagai bahannya.

Sama juga dengan rangka, kalo motor biasa paling pake baja yang umum digunakan, berbeda halnya dengan MotoGP.

4. Teknologi

Sparepart yang langka
USA Today

Sparepart yang langka

Di motor MotoGP, banyak terpasang berbagai perangkat elektronik untuk kepentingan balapan.

Berbagai sensor dan alat terpasang pada motor MotoGP yang nggak ada di motor pada umumnya.

5. Sparepart sekali pakai yang harganya mahal

Ada beberapa perangkat yang cepat habis pakai di motor MotoGP, misalnya aja ban.

Jika ban pada umumnya dibuat untuk digunakan seawet mungkin, di MotoGP ban dibuat khusus agar bisa selengket dan sebagus mungkin untuk balapan.

Targetnya cuma buat dipakai paling nggak sekali balapan, sob.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest