makE your music

  • Louder

Untuk bisa bikin band lo terdengar luas, yang mesti lo lakuin bukan cuma mengencangkan volume, bro. Lo mesti mengencangkan passion dan tekad untuk melewati segala tahapan serta tantangannya. Udah siap?

Setiap tanggal 9 Maret, kita memperingati Hari Musik Nasional. Hari ini sengaja ditetapkan oleh pemerintah sebagai bentuk apresiasi sekaligus dukungan untuk musisi yang udah berkarya. Yes, band lo juga termasuk, sob.

Sekarang pertanyaannya adalah seberapa gigih lo udah ngembangin band yang udah lo bentuk dan menyebar lagu yang udah lo racik di dapur rekaman?

Sebagai hobi, nge-band itu adalah hal yang seru. Tapi, kalau lo udah mau berkarier sebagai musisi atau pengen band lo nggak cuma nge-jam, bikin lagu, upload ke Soundcloud atau YouTube, terus udah; maka lo butuh keseriusan.

Yang Hai seneng adalah sekarang ini geliat musisi muda itu kencang banget. Lo tau Hai Demos dong? Lewat program itu, Hai mengurasi band-band indie untuk Hai ulas dan bantu promosiin. Nah, hampir tiap hari ada aja email masuk dari band yang ngasih materi lagu mereka. Lo cek deh di Instagram.com/xhaidemosx

Karena itulah Go Deeper kali ini, Hai persembahin untuk lo para anak band. Hai nggak cuma mau dengerin, ngulas dan promosiin materi lo, lebih dari itu, HAI pengen ikut nemenin lo tumbuh jadi band kebangaaan seantero nusantara.

Segala pertanyaan tentang masalah teknis, manajerial, hingga bisnis yang sering ditemui para band indie, akan Hai coba jawab.

Let’s Make Your Music Louder!

Apa masalah
yang sering
dihadapin band lo?
Let`s Start A Band
Band lo cuma bakal jadi nama kalau di masa-masa awal aja udah K.O. menghadapi masalah yang ada.

Di tahap ini, berarti lo udah sepakat untuk bikin band. Mungkin, lo adalah seorang frontman-nya, udah tau mau bikin musik yang kayak gimana, mau dibawa ke mana, atau malah sampe punya nama.

Well, lo nggak bisa puas sampai di situ aja, sob. Masih banyak yang perlu lo pikirin biar band lo bener-bener bisa terbentuk dan menghasilkan sesuatu; entah itu nge-cover lagu doang atau bikin lagu sendiri.

Nih, 8 tahap yang perlu lo pikirin ketika udah mantap
Lo mau jadi frontman?, siapin konsep yang mateng banget; genre, imej, menentukan tujuan.
Mulai cari personel. Cari dari kalangan temen-temen deket lo yang satu frekuensi sama lo.
Minta bantuan temen-temen juga lo buat nyariin. Di tahap ini, luasnya koneksi lo sangat ngaruh, bro.
Ajak personel buat workshop perdana, cari rumah temen lo yang bisa ditongkrongin lama.
Beres workshop, kasih PR biar bisa bawa materi (lirik atau aransemen) di sesi berikutnya.
Bikin grup WhatsApp dan aktif ngobrol, bercanda, share referensi lagu dan artwork keren serta demo yang lo rekam sendiri di rumah.
Masuk ke studio, minta tiap personel untuk tunjukin materi yang udah disiapin. Terus, diskusikan lagu siapa yang mau dijadikan lagu pertama.
Biar akrab, sering-sering nongkrong dan nge-gigs bareng. Biar makin semangat nge-band.
Selamat,
Sekarang lo udah fix jadi anak band!
Mari kita belajar dari para senior dalam menghadapi jatuh-bangun membesarkan band indie-nya.
Kalo lo anggap band-band indie yang sekarang gede itu kariernya mulus-mulus aja, lo salah banget. Punya karier sebagai band atau artis independen artinya harus bisa menggantungkan hidup pada kreativitas dengan minimnya sokongan dana dari produser atau music label. Yap, indie dan masalah kayaknya emang lekat banget. Tapi, masalah itu bisa diselesaikan kok. Kalo nggak percaya, coba cek kisah jatuh bangun 4 band indie di bawah ini! Baca untuk pelajaran band lo kelak.
Burgerkill
Pure Saturday
Pas Band
Rocket Rockers
Udah mantep sama band lo? Kirim dong materi demonya, nanti Hai bantu ulas dan promosiin. Kirim contoh lagu, foto, dan profil band lo ke xhaidemosx@gmail.com yah.
Young n loud