Arti Kata "Excelsior" yang Jadi Selalu Jadi Motto Hidup Stan Lee

Selasa, 13 November 2018 | 12:34
Instagram/therealstanlee

Excelsior!

HAI-Online.com -Stan Lee, penulis legendaris Marvelserta kreatorsuperhero-superhero Marvel yang tak terhitung jumlahnya,telah meninggaldiusia 95 tahun.

Para penggemar, teman dan kerabat dekatnya mengungkapkan ucapan bela sungkawa lewat akun media sosial disertai dengan satu kata: "Excelsior".

Kata "Excelsior" sendiri memang telah lama menjadi sloganStan Lee.Pada pertengahan 1960-an, tak lama setelah Atlas Comics berganti nama menjadi Marvel, Lee menulis kolom bulanan untuk penerbit komik tersebut di mana diamenutupnya dengan kata"Excelsior!".

Baca Juga : Garis Besar Sentilan Jerinx SID Kepada Via Vallen X Netizen yang Sembarang Komen!

Excelsior sendiridiambil dari bahasa Latin yangbisa diartikan menjadi"terus naik" atau "lebih tinggi".

Stan Lee juga pernah mengatakan sendiri apa maksud dari ungkapan tersebut. Ia mengartikannya dengan "Naik dan terus naik menuju kemuliaan yang lebih besar!"

Baca Juga : Stan Lee, Pendiri Marvel Comics Meninggal Dunia Di Usia 95 Tahun

Di tahun 2007, Stan Lee pernah mengatakan bahwa dirinya menginginkan sebuah kata unik untuk dirinya agarnggak ditiru oleh para saingannya.

"Duluaku memiliki banyakungkapan ekspresiuntuk mengakhiri kolom komik buatanku, seperti: "Hang Loose", "Face Front", '"Nuff Said",tapiaku menemukan bahwapara pesaingkuselalu meniru mereka dan menggunakannya," kata Stan Lee saat kepada io9 di tahun 2007.

"Jadi,akumencarisatuungkapanyang mereka tak akan tahu apa artinya, dan mereka tak akan tahu bagaimana cara mengejanya.Dari situlahexcelsior muncul dan untungnya mereka tak pernah menirukannya."

Namun, apa yang awalnya ia buat sebagai pembeda dari para pesaingnya, dengan cepat menjadi sebuah mantra optimisme yang mengubah hidup dan karirnya selamapuluhan tahun kedepan.

Stan Lee,sosok tunggal dalam hiburan Amerika yang telah menciptakanbanyak superhero dalam dunia Marvel yang kita kenal sekarang, telah menunjukkan arti "Excelsior!" selama hidupnya.

Baca Juga : Stan Lee Dipastikan Akan Muncul Sebagai Cameo di Film Avengers 4

Diadikenal denganimajinasinya yang tak terbatas, semangat seorang perintis, dan etos kerja yang heroik, bahkan diusianya yang hampir satu abad.

Untuk Stan Lee,excelsiorbukan cuma sekedar istilah untuk mengingatnya, tapi juga penggambarannya sifatnya yang selalu berkarya, berjuang, dan "terus naik".

Rest in Peace, Stan Lee.Excelsior! (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Quartz

Baca Lainnya