5 Misteri Penerbangan yang Belum Terpecahkan, dari PD II sampai MH370

Kamis, 01 November 2018 | 17:15
iStockphoto

Ilustrasi kecelakaan pesawat

HAI-Online.com -Seperti yang ramai diberitakan akhir-akhir ini, pesawat Lion Air JT 610 telah dipastikan jatuh di perairan Tanjung Karawang setelah dilaporkan hilang kontak pada Senin pagi (29/10), sekitar pukul 06.20 WIB.

Meskipun black box telah berhasil ditemukan, sampai saat ini penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 belum diketahui karena masih menunggu proses penyelidikan lebih lanjut.

Kejadian pesawat hilang kontak dalam dunia penerbangan sebenarnya nggak hanya terjadi satu atau dua kali aja, dan bahkan beberapa maskapai lainnya yang tersebar di seluruh dunia juga pernah mengalaminya.

Beberapa di antaranya ada yang mengalami hilang kontak karena jatuh, tapi nggak sedikit juga yang sampai saat ini menjadi misteri sob, salah satunya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada Maret empat tahun lalu.

Berikut HAI bagiin buat kalian 5 kecelakaan pesawat yang dianggap paling misterius dalam sejarah.

1. Pesawat AL di Segitiga Bermuda

Kejadian ini terjadi pada puncak Perang Dunia II, ketika Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim lima pembom torpedo yang terbang melintasi Segitiga Bermuda, yang kita kenal sebagai kawasan ini juga dikenal sebagai pemakan pesawat.

Beberapa jam setelah hilangnya kontak kelima pesawat, Angkatan Laut AS mengirim satu pesawat yang berisi 13 orang dalam misi pencarian dan penyelamatan.

Namun sayang, pencarian tersebut nggak membuahkan hasil dan pesawat tersebut pun ikut lenyap tanpa ada kabar dan hingga saat ini menjadi misteri.

Baca Juga : Penasaran Gimana Caranya Mengenali Jenazah Korban Lion Air JT 610? Polisi Bocorin 5 Langkahnya

2. Pan Am 7

Pesawat yang menyediakan perjalanan paling mewah di seluruh dunia pada tahun 1957 ini hilang tanpa jejak saat melakukan perjalanan rutin dari California ke Hawaii.

Bangkai pesawat tersebut akhirnya ditemukan hanyut bermil-mil jauhnya di lautan titik tempat hilangnya Pan Am 7 setelah lima hari pencarian.

Namun, temuan itu memunculkan banyak pertanyaan soal penyebab pasti kecelakaan pesawat tersebut karena ada yang menyebut hal ini disebabkan karena keracunan karbon monoksida.

Sedangkan beberapa lainnya percaya bahwakecelakaan itu adalah tindakan penipuan asuransi atau balas dendam yang dilakukan anggota awak.

3.EgyptAir 990

Kecelakaan ini terjadi ketika pesawat EgypAir Boeing 767 yang berangkat dari Los Angeles, Amerika Serikat jatuh dan menewaskan semua orang (217) di dalamnya pada tahun 1999 lalu.

Badan Transportasi dan Keselamatan Nasional Amerika Serikat (NTSB) menduga bahwa peristiwa kecelakaan iniadalah upaya bunuh diri sang pilot.

Dugaan tersebutmuncul ketika dalam rekaman, perkataan terakhir yang diucapkan pilot berbunyi, 'Aku mengandalkan Tuhan'.

Di sisi lain, Otoritas Penerbangan Sipil Mesir (ECAA) menduga kuat penyebab jatuhnya pesawat EgyptAir 990 dikarenakan adanya gangguanmekanis.

Meskipun banyak timbul spekulasi, sampai saat ini kecelakaan EgyptAir 990 masih menjadi misteri dan belum diketahui apakah yang menjadi penyebab pesawat itu jatuh.

4. Helio Airways 522

Pada tahun 2005 lalu, penerbangan HelioAirways 522 diketahui berbelok sedikit dari jalur pendek Siprus ke Yunani dan para awak di dalam pesawat mengabaikan semua transmisi radio.

Usai belasan upaya dilakukan untuk menghubungi HelioAirways 522, akhirnya dua pesawat F-16 dikirimkan untuk mengejarnya.

Anehnya, ketika ketiga pesawat tersebut terbang berdampingan, pengemudi F-16 menyadari bahwakursi kapten kosong, kopilot terbaring tak bergerak, dan masker oksigen menggantung di langit-langit.

Sampai akhirnya, pesawat hantu yang dikemudikan oleh autopilot itu jatuh ke lereng bukit di Yunani bersama 117 penumpang yang berada di dalamnya.

5. Malaysian Airlines MH370

Kejadian ini terjadi padaMaret empat tahun lalu ketika pesawat Malaysia Airlines MH370 bertolak dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 00.41 dini hari belum juga sampai setelah 1 jam dari jadwal seharusnya.

Sampai saat ini misteri penyebab jatuhnya Malaysian Airlines MH370tersebut, dan di mana letak bangkai pesawatnya masih belum berhasil ditemukan dan menjadi misteri bagi banyak pihak.

Meskipun begitu, sempat ada dugaan bahwa pilot yang mengendalikan pesawat itu, Zaharie Shah sengaja melakukan aksi bunuh diri dengan menjatuhkan MH370 ke lautan terpencil.

Baca Juga : Black Box JT 610 Lion Air Ditemukan, Penasaran Apa Isi di Dalam Kotak Tersebut?

Nah, itu dia sob,5 kecelakaan pesawat yang dianggap paling misterius dalam sejarah.

Daripada menduga-duga mengenai apa penyebab kecelakaan pesawat di atas, kita doakan aja semoga para korban dari pesawat-pesawat tersebut diberikan tempat terbaik di sisi-Nya, Amin. (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya