Arti Sumpah Pemuda Menurut Mahasiswa, Ada Tanggung Jawabnya!

Minggu, 28 Oktober 2018 | 13:55

HAI-Online.com -Hari ini, tepatnya pada pada 1928 silam atau 90 tahun yang lalu terjadi suatu peristiwa yang sangat memberikan dampak kepada proses perjalanan menuju Indonesia Merdeka.
Yap, peristiwa itu adalah Sumpah Pemuda, sob. Pada waktu itu berkumpullah para pemuda dari berbagai daerah untuk menyatakan dan menyatukan pendapat bahwa mereka itu satu, satu tanah air, satu bangsa dan juga satu bahasa.
Momen tersebut juga selalu dirayakan oleh para pemuda penerusnya di masa sekarang, seperti upacara bendera memperingati hari Sumpah Pemuda ini.
Baca Juga : 5 Band Ini Pernah Disebut 'The Next Beatles', BTS Salah Satunya!
Nah, di hari yang istimewa ini HAI coba tanya-tanya ke para mahasiswa tentang arti Sumpah Pemuda menurut mereka. Dan HAI juga mau tahu nih, jika mereka diberi kesempatan untuk menambahkan butir Sumpah Pemuda, adakah yang ingin mereka tambahkan.
Mari kita lihat pendapat mereka, sob.
Yudhi Hari Wibowo – Politeknik Keuangan Negara STAN
"Arti sumpah pemuda ini bisa mengingatkan kita sebagai mahasiswa yang juga merupakan pemuda, bahwa pemuda ini memiliki peran yang sangat besar dalam terwujudnya kemajuan bangsa kita.
"Di sisi lain sumpah pemuda adalah bukti sejarah bahwa dahulu pemuda tidak tinggal diam ketika negaranya dijajah oleh asing, sehingga pemuda pada saat itu membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia.
"Kemudian Sumpah Pemuda ini harusnya menjadi momentum kita sebagai mahasiswa untuk dapat berpikir lebih kritis demi perubahan yang baik untuk negeri ini.
"Dan memberikan kontribusi sesuai dengan keadaan yang ada pada saat ini.
"Sebenarnya 3 butir Sumpah Pemuda dimana kita mengaku bertumpah darah 1, berbangsa 1 dan berbahasa 1 itu udah pas banget, mungkin dalam artian sempit hanya 3 hal itu, tapi kalau coba kita artiin lebih luas lagi sebenernya itu udah mencakup semua,"
Abimanyu Rizqy Arfianto P. – Universitas Diponegoro
"Menurut saya, arti sumpah pemuda yaitu semangat pemuda yang harus terus berkobar tanpa bisa padam. Dan menurut saya, 3 butir Sumpah Pemuda itu sudah cukup karena jika terlalu banyak akan tidak baik ke depan.
Vianny Quininta – Universitas Parahyangan
"Motivasi untuk jadi pemuda yang lebih produktif, progresif, inovatif dan kreatif. Selain itu juga jadi penggerak buat generasi muda untuk berani membuat perubahan, nggak cuma jadiAgent of Changedoang, tapi berani membuat dan membawa perubahan bagi lingkungannya. Dan juga jadi fondasi kita untuk bertindak.
"Nggak cuma mengandalkan Pancasila doang, tapi Sumpah Pemuda juga penting gitu nilai-nilainya.
"Kalo menurut gue sih udah cukup mencakup semuanya. Gue juga nggak kepioniran apa-apa, hehehe."
Taruna Sandy P.– Universitas Indonesi
"Menurut saya arti Sumpah Pemuda itu bukti rasa patriotisme dan nasionalisme pemuda Indonesia yang menjunjung tinggi solidaritas persatuan bangsa.
"Terutama pada era zaman sekarang tentunya hal ini masih sangat dibutuhkan untuk direalisasikan.
"Contohnya masih banyak kasus dimana setiap orang masing mudah di adu domba dan dipecah belahkan akan kepentingan serta golongan tertentu. Baik di bidang Agama, Politik, dan bahkan di bidang olahraga seperti penganiayaan seorang suporter.
"Maka dari itu kita sebagai pemuda harus menjadi promotor dalam berpikir kritis, logis, serta rasional agar tidak mudah terpancing emosi dan lebih mengutamakan akal pikiran. Karena sejatinya kita ini satu. Warga Negara Indonesia.
"Untuk butir-butir Sumpah Pemuda, saya ingin menambahkan Kami Putra Putri Indonesia mengaku bertanggung jawab atas kemajuan bangsa, Bangsa Indonesia."
Muhammad Bagus S. – Universitas Diponegoro
"Sumpah Pemuda, jika dipandang dari zaman sekarang, menurut saya adalah sebuah komitmen dan janji para pemuda sebagai penerus bangsa untuk memajukan negara Indonesia dengan berbagai cara, seperti menyumbang prestasi, melakukan gerakan perubahan dan lainnya

"Itu jika dipandang dari zaman sekarang, karena arti sebenarnya dari Sumpah Pemuda adalah sebuah janji dan komitmen yang diikrarkan oleh pemuda pada zaman itu untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia, yaitu merdeka.

"Tidak ada, karena pada dasarnya, isi sumpah pemuda ini sudah mewakili semuanya.

"Nah itu sob pendapat mereka tentang arti Sumpah Pemuda bagi mahasiswa. Dan mereka sudah sangat sepakat bahwa butir-butir Sumpah Pemuda sangat relevan hingga saat ini dan juga merupakan cita-cita luhur pemuda Indonesia. Salam Pemuda! Merdeka!" (*)Penulis: Erlangga Duto Guntur Prahananto/HAI

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya