5 Legenda Sepak Bola yang Nggak Pernah Main di Liga Inggris, Beneran Jago Nggak Nih?

Kamis, 27 September 2018 | 19:00
Instagram / Ronaldinho

Ronaldinho

HAI-Online.com -Seperti yang kita tahu, Liga Inggris selalu dijadikan sebagai patokan utama para penggemar sepak bola untuk menilai apakah seorang pesepakbola benar-benar mahir.

Hal ini bukan tanpa alasan, Liga Inggris dianggap kompetisi yang paling kompetitif karena banyak yang merasa klub-klub di sana memiliki kekuatan setara, nggak seperti liga-liga lainnya.

Sebagai contoh, ada nama Iago Aspas yang sampai sekarang mampu mencetak gol sebanyak 75 kali ketika sedang bermain di Liga Spanyol, padahal ketika dia bermain di Liga Inggris bersama Liverpool, doi gagal menceploskan bola ke gawang lawan dari 14 penampilannya.

Meskipun begitu, banyak juga pesepakbola yang mendapatkan cap sebagai pemain bintang bahkan legenda, padahal mereka nggak pernah merasakan kerasnya Liga Inggris.

Siapa aja sih mereka?

Langsung aja deh HAI bagiin buat kalian 5 legenda sepak bola yang nggak pernah main di Liga Inggris.

1. Kaka

Instagram / Kaka

Kaka

Tahun 2007, pemain sepak bola asal Brasil ini merupakan peraih Ballon d'Or terakhir sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi penghargaan tersebut.

Nama Kaka sendiri mulai bersinar setelah bergabung bersama AC Milan selama 6 musim pada tahun 2003-2009 dan berhasil mencetak total 95 gol bersama klub Serie A itu.

Di AC Milan, Kaka berhasil mempersembahkan gelar-gelar bergengsi seperti Serie A, UEFA Super Cup, FIFA Club World Cup, Supercoppa Italiana, dan Liga Champions.

Kaka pun melanjutkan karirnya ke Real Madrid pada musim panas tahun 2009 lalu, di sana dia berhasil mempersembahkan 29 gol dan gelar La Liga serta Copa Del Rey.

Pada penghujung kariernya, Kaka memilih membela Orlando City pada musim 2014/2015 dan mencatatkan 24 gol serta 22 assists sebelum akhirnya memutuskan gantung sepatu pada Desember 2017.

Baca Juga : Masih 24 Tahun, Pesepakbola Ini Mampu Cetak Gol di Liga Inggris, Spanyol, Jerman, dan Perancis

2. Xavi

Instagram / Xavi

Xavi Hernandez (Tengah)

Selanjutnya, ada seorang pemain yang menghabiskan 17 tahun kariernya sebagai pesepakbola di Barcelona, Xavi Hernandez.

Pemain yang dianggap menjadi salah satu gelandang terbaik dunia ini berhasil mempersembahkan banyak gelar untuk Barcelona, di antaranya 8 La Liga, 3 Copa Del Rey, 6 Supercopa de Espana, 2 UEFA Super Cup, 2 FIFA Club World Cup, dan 4 Liga Champions.

Setelah meraih banyak piala bersama Barcelona, Xavi pun memutuskan untuk meninggalkanEl Barcadi akhir musim 2014/2015 untuk bergabung bersama salah satu klub Qatar, Al Sadd.

3. Andres Iniesta

Instagram / andresiniesta8

Andres Iniesta

Selain Xavi, Barcelona juga memiliki gelandang terbaik dunia lainnya, Andres Iniesta yang menghabiskan 16 musim bersama klub raksasa Catalan tersebut.

Selama 674 pertandingannya bersama Barcelona, pemain berkebangsaan Spanyol itu berhasil mempersembahkan berbagai macam gelar, di antaranya 9 La Liga, 6 Copa Del Rey, 6 Supercopa de Espana, 3 FIFA Club World Cup, 2 UEFA Super Cup, and 4Liga Champions.

Sayangnya, Iniesta memutuskan untuk mengakhiri kariernya bersama Barcelona di akhir musim lalu, dan memilih bergabung dengan salah satu klub Liga Jepang, Vissel Kobe dengan kontrak berdurasi 3 tahun.

4. Zinedine Zidane

Instagram / Zidane

Fabien Barthez (kiri) dan Zinedine Zidane (kanan)

Selama kariernya sebagai seorang pesepakbola, Zinedine Zidane nggak pernah sekalipun bermain di Liga Inggris dan hanya membela klub-klub seperti Cannes, Bordeaux, Juventus, dan Real Madrid.

Nama Zidane mulai dikenal banyak orang setelah bergabung bersama Juventus pada tahun 1996, di sana doi berhasil mempersembahkan 2 gelar Serie A, 1 Piala Supercopa Italia, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Interkontinental, dan 1 UEFA Intertoto Cup.

Berkat penampilan apiknya bersama Juventus dan timnas Perancis, mantan pelatih Real Madrid ini berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or pemain terbaik dunia versi FIFA pada tahun 1998.

Pada tahun 2001, Zidane pun pindah ke Real Madrid dengan status pemain termahal di dunia, dan berhasil memenangi gelar La Liga dan Liga Champions selama 225 pertandingannya bersamaEl Real.

5. Ronaldinho

Instagram / Ronaldinho

Ronaldinho

Pesepakbola berkebangsaan Brasil ini dikenal sebagai pemain dengan skill dribbling yang sering mengecohkan lawan dan senyuman yang selalu terpancar dari wajahnya.

Ronaldinho memulai karirnya bersama klub asal Brazil, Gremio dan berhasil mencetak total 72 gol dari 145 penampilannya, hingga akhirnya memutuskan untuk pindah ke Paris Saint-Germain pada 2001.

Setelah dua musim di PSG, Ronaldinho pun bergabung dengan salah satu klub raksasa La Liga, Barcelona dan berhasil mempersembahkan beberapa gelar seperti 2 La Liga, 2 Super Copa Spanyol, dan 1 Liga Champions.

Usai dari Barcelona, Ronaldinho pun meneruskan karirnya dengan bergabung bersama AC Milan untuk 3 musim, sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung denganFlamengo, Atletico Minero, Queretaro, dan Fluminese.

Baca Juga : Tolak Kehadiran eSports, Suporter Klub Bola Lempar Bola Tenis dan Stik PS ke Dalam Lapangan

Nah itu dia sob,5 legenda sepak bola yang nggak pernah main di Liga Inggris.

Meskipun nggak pernah main di Liga Inggris, kayanya pemain-pemain di atas emang pantes disebut legenda, setuju nggak? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : sportskeeda.com

Baca Lainnya