Cewek Ini Jadi Barista Meski Awalnya Nggak Suka Kopi, Kamu Gimana?

Senin, 10 Desember 2018 | 12:31
Sobry/HAI

Revinka lagi curhat ke HAI

HAI-Online.com -Sejak munculnya filmFilosopi Kopi,nggak bisa ditampik banyak orang mulai makin melirik profesi barista. Namun, cewekHAIyang satu ini, Revinka Aiko jadi barista nggak cuma gara-garaprofesi itu yang makinhype.Dia emang udah mulai tertarik tentang perkopian dari sang ayah dari lama.

Emang sih, Revinka ngaku keHAIdia awalnya nggak suka kopi. Bisa diitung lah berapa kali sob minum kopi dalam seminggu atau bahkan sebulan. Tapi, makin ke sini ya mesti coba berbagai kopi.

"Awalnya linglung dan bingung banget. Terus dua hari kerja di sini gue langsung dikasih 8 kopi yang berbeda dari seluruh di Indonesia. Gue disuruh cobain satu sendok-satu sendok dan ditanya bedanya apa aja," cerita Revinka.

Baca Juga : 5 Fakta Revinka Aiko, Cewek HAI Keturunan Jepang yang Anti Gabut

Karena benar-benar masih awam soal kopi, cewek yang baru lulus di SMK Pariwisata ini cuma bisa jawab semua rasanya kayak kopi yang pahit. Ternyata itu emang buat melatih sensor lidah sob. Ke sini pun Revinka jadi tahu, kalau di balik rasa pahit kopi itu ada rasa-rasa lain, kayak ada manisnya, asamnya, buah-buahan. Bahkan ada wangi-wangi khusus.

Waktu awal kerja nih, Revinka nggak disuruh langsung bikin kopi. Fokus dulu ke minumannon kopi, kayak red velvet, cokelat, ataumatcha.Abis itu baru deh mulai coba-coba ke kopi, yakni espressobased.

"Jadi belajar takaran dulu, kayak espresso tuh harus berapa gram, dan lainnya," kata Revinka.

Baru berlanjut belajarmanual brew.Prosesnya emang diakui Revinka lebih susah dibandung bikinespresso based,apalagai kalaumanual brewyang V60.

"Khususnya kayak yang V60 ini, lopouringairnya nggak sesuai atau kecepetan itu rasanya beda. Airnya kepanasan atau kurang panas itu ngaruh banget ke rasa," lanjut cewek berdarah Jepang ini.

Kenapa sih mau coba hal baru jadi barista?

Revinka sendiri jadi barista mulai Juli lalu bro. Awalnya dia sendiri jujur ngaku ke pemilikcoffeeshopkalau nggak ada pengalaman sama sekali, tapi tertarik di dunia kopi.Meskipun sempat nggak didukung keluarganya jadi barista, Revinka berusaha terus buktiin kalau dia bisa jadi barista yang oke.

"Gue emang pengen belajar. Belajarnya juga dari keseharian aja," kata Revinka yang akhirnya dipercaya sang pemilik kopi buat jadi barista.

Revinka yang nggak suka kopi mesti mengalami kesulitan yakni harus mau nggak mau minum kopi setiap hari. Jadi mesti dibiasain gitu. Masa iya barista nggak minum kopi? Ya, biar bisa jelasin juga kecustomerpastinya.

"Gue setiap hari harus minum minimal bangetespressoyang pahit banget biar tahu perbedaannya," ujar cewek HAI ini.

Revinka nggak berpuas diri belajar pas jam kerja aja. Di rumah, dia juga cari referensi-referensi lain, misal lewatYouTube.Biasanya cewek yang pernah magang juga diHAIini juganonton video-video darichannelYouTubeOtten Coffee lantaran di sana lengkap banget berbagai hal soal kopi yang dikupas.

Sering digodaincustomer

Ternyata, semenjak jadi barista banyak hal yang didapat Revinka. Mulai darifollowersInstagramyang melonjak, sampai wawasan soal kopi bertambah. Cewek ini pun jadi kebanjiran kerjaan lain, kayak foto model. Apalagi nih kata Revinka sejak foto-fotonya mulai di-re postakun-akun barista. Kolom komentar foto-foto diInstagram-nya pun makin ramai pujian.

Fyiaja nih bro, Revinka biasa aja tuh sama pujian fisiknya. Cewek ini lebih merasa dihargai kalau apresiasi dari karyanya.

"Gue lebih senang ya kalau adacustomeryang muji kopi gue, dibanding cuma ngomong cantik-cantik doang," tambah Revinka.

Di samping pernah dapat pujian soal kopi buatannya yang enak, ada kalanya juga Revinka dapat respon kurang baik terkait rasa kopi. Cuma hal itu dijadiin pelajaran aja buat cewek ini, toh tiap orang punya seleranya masing-masing soal standar "enak".

Instagram Dailio Specialty

Revinka Aiko Cewek HAI yang Jadi Barista

Asiknya jadi barista tuh emang pengalaman jadi menambah. Teman apalagi, di mana-mana deh. Makin dikenal juga di berbagaicoffee shopsebagai barista.

Cuma nih, ada aja emangcustomeryang jahil. Revinka emang mesti jaga diri lantaran sering digodain orang yang datang kecoffee shop.Pernah loh dapat pesan di media sosial dari orang asing yang diam-diam fotoin dia waktu kerja. Hmmm

"Gue pernahliveInstagramdi sini (tempat kerja), terus ada yangjoin.Gue kan nggak kenal itu orang, tanggepin santai aja ajak main kesini. Tahunya diaternyataudah di satu ruangan sama gue saat itu. Terus gue kayak emmm agak nyebelin sih kayak gitu," kata Revinka.

Banyak deh hal-hal kayak serupa yang dialami Revinka sebagai barista cewek, cuma dia berusaha bersikap profesional aja. Nggak mau terlalu dibawa serius dan bawa becanda aja katanya.

Tuh broo cewek nggak suka loh digituin. Makanya berkelas dong kalau mau kenalan! Kepoin deh lebih lanjut tentang Revinka Aiko diYouTubeHAIbiar lebih kenal mendalam dan nggak salah langkah pas mau PDKT. Sikat! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya