Selain Persib vs Persija, Ini 5 Rivalitas Suporter Sepak Bola Terpanas

Senin, 24 September 2018 | 18:30
gliautogol.it

Rivalitas suporter River Plate dan Boca Juniors

HAI-Online.com -Seperti yang kita tahu, rivalitas antara Persib Bandung dan Persija Jakarta selalu berjalan panas, entah di atas lapangan maupun tindakan para suporternya.

Ternyata rivalitas para pendukung klub sepakbola nggak cuma terjadi di Indonesia aja, beberapa liga Eropa dan Amerika Selatan juga menyajikan perseteruan antar suporter.

Bahkan beberapa di antaranya lebih panas jika dibandingkan Persib vs Persija.

Kira-kira di Liga apa dan klub mana?

Langsung aja deh HAI bagiin buat kalian 5 rivalitas suporter sepakbola paling panas di dunia.

5. Galatasaray vs Fenerbahce

Salah satu hal yang berperan besar dalam rivalitas panas antara kedua klub Liga Turki ini adalah perbedaan status sosialdari para suporter dua tim ini.

Pendukung Galatasaray sebagian besar merupakan kaum bangsawan dan aristokrat, sedangkan suporter Fenerbahce berisi buruh serta pekerja pabrik.

Saking seringnya bikin ribut dan melakukan aksi anarkis, muncul kampanye melawan hooliganisme Turki yang meminta agar kedua tim dilarang bermain di level Eropa.

Baca Juga : Selain Haringga Sirila, Ini 5 Korban Tewas dalam Bentrok Suporter Persib vs Persija 6 Tahun Terakhir

4. Glasgow Rangers vs Glasgow Celtic

Rivalitas suporter yang terjadi pada derbi panas berjuluThe Old Firmini diduga muncul karena adanyaperbedaan ideologi dan agama antara dua pendukung klub Liga Skotlandia itu.

Dari segi ideologi politik, para penggemar Celtic condong ke sosialisme. Sementara itu, suporter Rangers lebih dikenal sebagai kaum konservatif.

Akibat bedanya pandangan itu, laga antara Celtic dan Rangers dianggap pertandingan paling panas di Liga Skotlandia, baik di dalam maupun luar lapangan.

3. Milwall vs West Ham United

Selanjutnya ada rivalitas antara dua klub Liga Inggris yang sama-sama berasal dari London Timur, West Ham United dan Milwall.

Jarak yang sangat dekat dari kedua klub menjadi faktor utama rivalitas itu, apalagi keduanya dibumbui oleh pandangan dari para buruh dermaga yang bekerja dari perusahaan berbeda di London Timur.

Kejadian paling parah dari perseteruan dari dua kelompok ini terjadi pada tahun 2009 lalu, ketika West Ham United dan Milwall bertemu pada babak kedua Piala Inggris 2009/2010.

Terjadi keributan dan bentrokan di dalam serta luar stadion antara kedua kubu suporter yang menyebabkan 20 orang terluka dan satu di antaranya terkena tusukan cukup parah.

2. AS Roma vs SS Lazio

Laga yang sering disebut dengan istilah perang saudara ini menjadi ajang pembuktian kedua tim mengenai klub mana yang dianggap paling layak mewakili ibukota Italia.

Bahkan pada tahun 2004 lalu, sempat terjadi kerusuhan antara dua kubu suporter di luar stadion yang berujung 13 orang ditangkap dan ratusan korban luka-luka akibat adanya bentrokan.

1. Boca Juniors vs River Plate

Sudah bukan rahasia lagi, pertemuan antara dua klub raksasa Liga Argentina ini selalu memunculkan tensi panas di setiap pertandingannya.

Boca Juniors dianggap sebagai perwakilan kelas pekerja, sementara River Plate sebagai perwakilan golongan yang lebih berada.

Para pendukung dari kedua klub ini sering terlibat insiden yang nggak jarang menimbulkan korban dan kejadian paling buruk terjadi pada tahun 1968 saat 71 orang suporter tewas saat terjadi kerusuhan antara 2 kubu.

Baca Juga : Mengenang 'Omong Kosong' Deklarasi Damai Suporter Persija, Persib, Dkk Dua Tahun Silam

Nah itu dia sob,5 rivalitas suporter sepakbola paling panas di dunia.

Menurut kalian, sebenernya apa sih yang didapetin dari keributan antar suporter?(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya