Wajib Tahu, Ini 9 Sensor Canggih yang Ada di Motor Produksi Massal

Kamis, 20 September 2018 | 15:00
Youtube: Otomotif

Ini 9 Sensor yang Bekerja di Sistem Injeksi Motor Lo

HAI-Online.com - Motor bermesin injeksi ternyata udah dilengkapi sensor canggih yang berfungsi ngirim data ke ECU (Electronic Control Unit).

Peran masing-masing sensor tentunya sangat vital untuk menunjang kinerja motor. Sayangnya, banyak yang nggak tahu fungsi sensor-sensor dalam sistem motor injeksi yang sekarang banyak beredar.

Nah, buat yang nggak tahu, HAI urutin dan kasih tahu fungsinya apa aja. Dilansir dari Gridoto.com, ini dia 9 sensor penting dalam sistem motor injeksi yang nggak banyak orang tahu.

Baca Juga : Setelah Rumor Panjang, LeBron James Akhirnya Konfirmasi Space Jam 2!

1. Sensor MAP (Manifold Air Pressure)

Sensor MAP di motor injeksi merupakan sensor tekanan udara yang masuk ke mesin.

Sensor MAP bertugas untuk mendeteksi tekanan udara yang masuk dan mengirimnya ke ECU untuk dikalkulasikan.

Sehingga secara otomatis bisa ditentuin berapa jumlah bahan bakar yang dibutuhin demi pengoperasian mesin.

2. Sensor IAT (Intake Air Temperature)

IAT disebut sensortemperatureudara yang masuk. Sensor IAT bertugas untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke dalamthrottlebody.

Setelah pada MAP ditentukan berapa semprotan bahan bakar yang dibutuhin, lewat sensor IAT bakal ditentuin di ECU berapa kadar bensin yang bakal dijadiin injeksi.

3. Engine Coolant Sensor

Sensor ini buat mengetahui suhu air pendingin atau radiator.

Sensor ini juga bakal ngatur nyalanya kipas radiator dan indikatoroverheatyang ada di spidometer.

4. Engine Oil Temperature

Sensor ini sistem kerjanya sama dengan sensor ECT, cuma sensor ini bekerja mengukur suhu oli.

Sensor ini hanya terdapat pada motor yang berpendingin udara seperti Honda Supra x 125 PGM-FI.

5. Crank Angle Sensor

Sensor ini bertugas ngedeteksi posisicrankshaftdan posisi Titik Mati Atas (TMA) saat mesin baru dinyalakan.

Sinyal dari sensor ini dikirim ke ECU dan ECU bakal ngatur pengapian, waktu penyemprotan bahan bakar, sampe pengisian ke aki.

6. Throttle Position Sensor (TPS)

Sensor ini, bertugas mendeteksi sudut pembukaan katup dithrottlebodylalu ngirimin data ke ECU untuk dikalkulasikan berapa bahan bakar yang akan disemprotin.

7. Sensor O2 (Oksigen Sensor)

Tugas sensor ini adalahmenjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu optimal dan memberi informasi ke ECU untuk campuran bahan bakar yang ideal.

Sehingga, gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

8. Lean Angle Sensor

Sensor ini bertugas memberikan data perihal kemiringan motor. Lebih tepatnya saat motor jatuh dan ngalamin kecelakaan.

Sensor ini bakal ngirim data ke ECU buat matiin semua pengoperasian mesin sehingga saat terjadi kecelakaan mesin akan mati secara otomatis.

9. IACV (Intake Air Cut Valve)

Sensor ini bertugas naikinrpm saat mesin dalam keadaan dingin. Fungsinyaperanti tersebut sama denganchokepada mesin karburator.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya